3 Alasan Mengapa Kitting Sangat Direkomendasikan di Industri Manufaktur

Manfaat kitting sudah terkenal di industri manufaktur, karena sangat menguntungkan baik dari sisi proses maupun biaya. Produsen yang tidak menggunakan sistem kitting berisiko mengalami kerugian karena terjadi bottleneck dalam aliran material. Lalu apa saja keuntungan besar lainnya dari kitting?

Ketika kita sakit dan datang ke klinik atau rumah sakit, seberapa sering kita menemui dokter begitu masuk ke klinik/rumah sakit tersebut? Bahkan kalaupun pernah, itu sangat jarang. Idenya adalah efisiensi. 

Perawat dan asisten yang dibayar lebih rendah daripada dokter untuk menangani pemeriksaan pendahuluanpemeriksaan tekanan darah, pertanyaan asupan, berat badan dan sebagainyasehingga 100% waktu dokter dihabiskan untuk melakukan diagnosis dan rekomendasi perawatan.

Kitting dalam lingkungan manufaktur ibarat proses masuknya pasien ke klinik/rumah sakit. 

Kitting mengatur dan bahkan merakit komponen yang digunakan dalam pembuatan suatu produk di tempat lain selain di pabrik, sehingga dapat dikirimkan ke titik penggunaan. Hal ini akan menghemat waktu yang dihabiskan di lini manufaktur. 

Seringkali pekerjaan ini dilakukan di gudang berbiaya lebih rendah oleh penyedia logistik pihak ketiga (3PL) yang mengelola bahan dari pemasok, menyiapkannya, dan mengirimkannya tepat waktu.

Kitting membuat pekerjaan karyawan lini perakitan jauh lebih efisien. Perusahaan manufaktur atau pabrik yang tidak menggunakan sistem kitting ibarat dokter yang mengecek tekanan darah, berat badan, dan menjalankan segala proses awal sendirian. Itu jauh dari efisien.

Apa itu Kitting di Industri Manufaktur?

Kitting adalah pengumpulan komponen dan part-part yang diperlukan untuk memproduksi atau merakit atau produk tertentu, digabungkan dalam satu paket. Masing-masing komponen akan dikumpulkan secara bersama, sebagai sebuah kit, dan diantarkan ke titik penggunaan.

Proses kitting sering digunakan di perusahaan manufaktur sebagai cara untuk mengurangi waktu penanganan dan pemrosesan material, dan meningkatkan efisiensi lini produksi atau lini perakitan. Meskipun memiliki tantangan tersendiri, implementasi kitting memiliki banyak keuntungan ketika dilakukan dengan benar.

Manfaat Kitting 

Kitting dimulai dengan tim produksi yang mendefinisikan komponen gabungan yang akan disatukan dalam satu paket (kit). Jasa logistik pihak ketiga (3PL) dapat dilibatkan dalam proses ini dan seringkali dapat memberikan saran yang baik tentang cara mengemas kit dengan cara yang paling logis dan efektif.

Berikut adalah manfaat utama dari kitting untuk lingkungan lean manufacturing:

1) Menghemat Ruang

Dengan memindahkan inventaris komponen, dan layanan kitting ke gudang terdekat, perusahaan manufaktur dapat mencurahkan lebih banyak area pabrik untuk produksi. 

Pikirkan ini: mengapa menggunakan ruang produksi kita yang berbiaya mahal untuk menyimpan suku cadang, pengemasan, dan sampah? Jika pabrik makin besar dan perlu menambah produksi, memindahkan material komponen dari lokasi dapat memberi kita ruang yang dibutuhkan untuk menghindari proyek ekspansi padat modal.

 

2) Meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya tenaga kerja

Dengan kitting, kita pada dasarnya memulai proses pembuatan di luar pabrik. Kit yang sudah disortir menghemat waktu dan tenaga dengan memastikan komponen yang diperlukan tersedia di titik penggunaan. 

Jika ada parts yang tidak melalui proses kitting, hal itu akan memakan waktu bagi lini perakitan untuk mencari inventaris, mendapatkan parts, dan mencatat penggunaan.

 

3) Mengurangi inventaris dan meningkatkan arus kas

Layanan Kitting sering dikombinasikan dengan layanan inventaris yang dikelola vendor, di mana 3PL kita menerima dan menyimpan bahan dan mengirimkan pemasok kepada kita sesuai kebutuhan. Pemasok memastikan stok yang cukup tersedia untuk mendukung kebutuhan produksi harian dan mereka mempertahankan kepemilikan inventaris hingga dikonsumsi.

 

Jalankan Pabrik Seperti Klinik 

Di klinik atau rumah sakit, asisten tidak memerlukan gelar medis untuk melakukan pemeriksaan awal. Di pabrik, tugas seperti melepas, menghitung, dan mengatur bagian tidak memerlukan tingkat keterampilan, dan seringkali tingkat upah, dari pekerja perakitan kita.

Sadarilah manfaat dari kitting dan jalankan pabrik lebih seperti klinik kesehatan. Sesuaikan pekerjaan dengan tingkat keterampilan yang sesuai. Pekerja lini perakitan kita, dan CFO kita, akan berterima kasih.

 

PQM Consultants menyelenggarakan workshop Lean Manufacturing pada tanggal 16-17 Oktober 2019 dalam bentuk Public Training, informasi lebih lengkap dapat Anda simak di sini.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *