3 Konsep Menjadi Manager dan Leader yang Efektif

Relatif mudah untuk menjawab pertanyaan “Apakah anda seorang Manager?” Bila jabatan resmi anda memang mengandung embel-embel ‘Manager’, terjawablah sudah tanpa banyak kontroversi. Tetapi bila kepada anda diajukan pertanyaan “Apakah anda seorang Manager sekaligus Leader yang efektif?” maka bisa jadi jawabannya beragam dan memancing sejumlah evaluasi dan argumen.

Biasanya beda argumen tentang efektif-tidaknya seorang pemimpin itu, berakar pada apa hal-hal utama yang harus dipunyai sekaligus ditampilkan Leader sehingga ia bisa sukses memimpin. Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya sudah diungkapkan oleh begitu banyak pemerhati maupun expert di bidang kepemimpinan. Karena begitu banyaknya jawaban yang beragam, kadang praktisi malah jadi ill-feel untuk belajar lebih dalam dan cenderung langsung praktek saja, dan berkembang menjadi ‘street-smart’ Leader.

Pendekatan seperti ini tidak ada salahnya, dan memang justru praktek di lapangan lah yang akan membuktikan efektif-tidaknya seseorang dalam menjalankan peran Leader. Tetapi rasanya sayang sekali ya bila hasil kerja keras para peneliti dan akademisi tentang kepemimpinan ini tidak ditengok sama sekali. Konsep kepemimpinan bila dikombinasi dengan olahan praktek lapangan (‘street-smart’) tentu akan melejitkan efektivitas kepemimpinan ke tingkat ‘excellent’.

Untuk itulah, PQM berupaya meracik modul pelatihan Leadership yang meramu konsep Kepemimpinan dan praktek nyata di lapangan. Konsep ini terutama dibutuhkan, bila seseorang ingin mengembangkan Kepemimpinan nya lebih lanjut. Konsep bermanfaat bila ia merasa perlu merefleksi, dalam aspek apa ia sudah ‘on-the track’ dan aspek apa ia perlu mengevaluasi, berkaca, dan menyusun rencana-tindakan untuk memperbaiki dan memperkuatnya. Dan kemudian bagaimana aspek-aspek tersebut diterjemahkan dalam perilaku kepemimpinan di lapangan.

PQM memilih kerangka pendekatan “Inside-Out” : benahi diri sendiri dulu, untuk kemudian memperkuat cara mempengaruhi ‘dunia luar’ alias orang-orang dan organisasi yang perlu dipimpin. Pendekatan dari sejumlah ahli kepemimpinan dan perilaku (Stephen Covey, Dale Carnegie, John Maxwell, Daniel Goleman, Ki Hajar Dewantara, dll) diintegrasikan secara praktikal, dan dibubuhi berbagai kisah kepemimpinan secara naratif maupun video visual sebagai bahan refleksi dan pembelajaran. Peserta juga akan diajak untuk on-the-spot mempraktekkan perilaku fondasi kepemimpinan, dan di akhir pelatihan di’tantang’ untuk menerapkan secara konsisten dalam aktivitas sehari-hari.

 

Pembahasan dengan perspektif “Inside-Out” ini terdiri dari tiga sub topik :

  • Lead Self (Memimpin Diri Sendiri)
  • Lead Others (Memimpin Orang lain)
  • Lead Organization (Memimpin di dalam suatu Organisasi)

 

Sebagai penutup, perlu disadari bahwa pengembangan kemampuan Memimpin bukanlah pencapaian instan, melainkan merupakan buah upaya konsisten dan berkesinambungan untuk menerapkan-merefleksi mengidentifikasi-menerapkan lebih baik. Bila siklus ini terus-menerus dijalankan, maka peserta akan mendapatkan dirinya mampu menerapkan Kepemimpinan ke tingkat yang jauh lebih tinggi.

Untuk melatih 3 konsep diatas, PQM Consultants akan menyelenggarakan Online Training Effective Leadership for Managers yang akan berlangsung pada 14-15 April 2021. Link Pendaftaran: https://bit.ly/3qrxBnu

Related posts