4 Tips Mendapatkan Kesempurnaan Service Level dalam Supply Chain Management

Keseimbangan dalam aliran supply adalah sebuah keniscayaan apabila  sudah bertekad untuk mendapatkan kesempurnaan dalam perolehan service level secara efisien. Hal ini juga merupakan salah satu cerminan baiknya kinerja supply chain di manapun kita bekerja. Service level agreement sendiri merupakan sebuah kesepakatan terukur antara penyedia barang atau jasa dengan pelanggannya terhadap penerimaan minimal pelayanan tersebut  ke pelanggan.

Tidak jarang tim kita mengalami demotivasi dalam usahanya turut melancarkan aliran supply untuk memenuhi demand yang terus tumbuh. Oleh karena memang begitu rumitnya menguraikan permasalahan yang terus bergulir menghantui dan tidak bisa diprediksi ini. Kesalahan demi kesalahan hanya ditujukan pada elemen tertentu saja dan terkadang kita lupa bahwa aliran proses itu saling terkait satu sama lain dan tidak bisa terpisahkan.

Maka sangat penting untuk membangun Truly Collaboration melalui partisipasi beberapa elemen supply chain yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan dengan mempererat kepercayaan. Tentu saja hal ini akan memaksimalkan potensi dan memberikan warna lain sehingga memunculkan keunikan yang menguatkan daya saing.

Tips Mendapatkan Kesempurnaan Service Level :

  1. Keterlibatan seluruh rantai dan komitmen untuk sungguh-sungguh saling mendukung, merupakan obat mujarab untuk mengurangi kekusutan dalam aliran supply
  2. Review dan komunikasikan secara rutin performance dari peramalan (forecast) yang telah dibuat dan melakukan analisa dari forecast error yang terjadi. Angka-angka ajaib yang ada di sini merupakan awal sumber permasalahan yang akan muncul menghantui setiap mata rantai.
  3. Sikap rendah hati untuk mengakui perubahan pasar serta kesalahan dalam memprediksinya. Serta segera melakukan penyesuaian perencanaan demand dengan bijak, cepat dan rutin, mencegah meradangnya permasalahan yang muncul.
  4. Keterbukaan informasi, pengelolaan resiko dengan tepat pada aliran supply. Gemar menjalin kerjasama dan rasa saling percaya terhadap pemasok dan elemen lain dengan sangat erat. Sehingga terasa sebagai satu bagian yang bersama-sama semakin kuat dengan satu tujuan yang sama yaitu keharusan mendapatkan service level yang sempurna.

Langkah-langkah ini tentunya harus kita bangun dengan kerja keras dan dukungan dari seluruh komponen yang ada di masing-masing entitas. Continuous improvement setiap anggota tim sangat diharapkan kontribusinya. Untuk memacu inisiatif dari setiap anggota tim diperlukan pula proses pembelajaran secara baik dan terstruktur. Oleh karena itu sangat penting untuk ikut dalam pelatihan-pelatihan yang nantinya akan memperkaya pengetahuan serta ketrampilan dari setiap anggota tim dalam entitas tersebut.

Marilah kita perbaiki proses supply chain kita untuk mendapatkan manfaat yang berdampak besar bagi perusahaan kita. Ayo Berkontribusi…

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *