Penting atau Hanya Sekedar Tren? – 5 Corporate University di Indonesia

“Keadaan terburuk dari pengembangan corporate university adalah ketika (institusi pendidikan tersebut) hanya sekedar menjadi badan pendidikan dan pelatihan dengan nama yang megah (namun tanpa ada aktivitas berarti di dalamnya).” —Martijn Rademaker (Corporate University: Drivers of the Learning Organization)

Corporate university (universitas korporat) pertama dibangun sekitar 60 tahun yang lalu bahkan sebelum istilah ‘Corporate University’  diciptakan. Perjalanan corporate university dimulai dari hanya segelintir, yang kini tumbuh menjadi ratusan, dan sekarang ada ribuan lembaga seperti itu di seluruh dunia. Namun, apa itu corporate university?

Nah, corporate university telah dikenal memiliki interpretasi dan definisi yang berbeda dari berbagai sumber. Tetapi sebagian besar definisi tersebut menunjuk pada hal yang sama: corporate university tidak harus berupa fasilitas seperti sekolah walaupun menyandang nama universitas. Sebaliknya, mereka lebih cocok disebut fasilitas pelatihan, biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan (korporasi).

Maksud dari fasilitas ini adalah untuk membantu sumber daya manusia tumbuh dengan melakukan kegiatan yang mendorong pembelajaran dan pengetahuan organisasi personel. Corporate university tidak cocok dengan disebut ‘universitas’ reguler, karena universitas reguler akan menyediakan program sarjana dan pascasarjana, sementara corporate university hanya menyediakan pekerjaan dan pelatihan khusus dari perusahaan untuk personel manajerial perusahaan induk.

Salah satu corporate university yang paling terkenal adalah Hamburger University, corporate university milik McDonald’s, karena mereka memainkan peran besar dalam mempopulerkan berbagai istilah dan inisiatif. Hamburger University memainkan peran penting menciptakan standar dalam franchise McDonald’s, baik pada produk maupun layanan.

 

Apa Bedanya Corporate University dengan Universitas Reguler atau Lembaga Pelatihan?

Corporate university adalah entitas pendidikan yang merupakan alat strategis yang dirancang untuk membantu organisasi induknya dalam mencapai misinya. Caranya adalah dengan melakukan kegiatan yang mengembangkan pembelajaran, pengetahuan, dan kebijaksanaan organisasi dan individu.

Berikut adalah perbedaan antara corporate university dengan entitas pendidikan lainnya, seperti dijelaskan pakar SDM Kathryn Tyler:

(1) Bedanya corporate university dengan lembaga pelatihan

Lembaga pelatihan bersifat taktis atau operasional, sedangkan corporate university diposisikan pada tingkat strategis. Program pelatihan yang baik membantu Anda melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik. Sebuah universitas perusahaan membantu organisasi mencapai misinya.

 

(2) Bedanya corporate university dengan universitas reguler

Universitas reguler melakukan penelitian ilmiah dan memberikan gelar dalam berbagai disiplin ilmu. Corporate university fokus terutama—meskipun tidak secara eksklusif—pada keterampilan di tempat kerja, pengetahuan dan branding kepemilikan khusus perusahaan, dan sertifikasi. Di sebuah corporate university, Anda berfokus pada pembelajaran yang akan bermanfaat bagi organisasi, bukan hanya individu.

 

Tujuan Didirikannya Corporate University

Corporate university biasanya didirikan untuk memenuhi tujuan membantu perusahaan melatih karyawan. Namun beberapa tujuan paling umum didirikannya corporate univerisity adalah:

  • Tetap kompetitif dalam perekonomian yang bergolak saat ini
  • Menyelenggarakan pelatihan yang akurat dan mempertahankan kualitas SDM
  • Menumbuhkan loyalitas SDM kepada perusahaan
  • Memulai perubahan dalam perusahaan, atau pertahankan tradisi tertentu.

Seperti diutarakan Ramelan, M.M. dari PPM Manajemen dalam tulisannya, kegiatan utama corporate university adalah mengadakan pelatihan dan pembelajaran. Namun fungsi corporate university sebenarnya jauh lebih luas.

Untuk memenuhi tujuan pembentukannya, corporate university harus memahami strategi bisnis organisasi induknya. Selanjutnya, corporate university harus bisa mengidentifikasi kemampuan apa yang dibutuhkan oleh karyawan organisasi induknya agar mampu menjalankan strategi bisnis organisasi.

Selanjutnya, tugas corporate university adalah merancang dan melaksanakan pelatihan dan pendidikan yang akan membekali karyawan dengan kompetensi yang dibutuhkan.

 

Corporate University di Indonesia

Tren corporate university di Indonesia bergerak lebih lambat daripada di Barat. Di Indonesia, corporate university pertama bahkan baru berdiri pada pertengahan 2000-an. Beberapa corporate university pertama di Indonesia didirikan oleh perusahaan seperti Danamon, Pertamina, dan Telkom.

Namun keterlambatan tersebut tidak menghentikan perusahaan Indonesia lainnya untuk mengikutinya. Tren corporate university berkembang sejak perusahaan-perusahaan besar seperti Garuda Indonesia dan BUMN berinvestasi dalam inisiatif yang sama.

 

Berikut ini beberapa corporate university yang ada di Indonesia:

1) Garuda Corporate University

Ketika mendirikan Garuda Corporate University, Garuda Indonesia ingin meningkatkan kualitas SDM dengan membudayakan pembelajaran (learning). Dengan adanya corporate university, learning akan menjadi bagian program perusahaan dalam upaya untuk selalu menjadi perusahaan berkinerja maksimal.

Garuda menetapkan syarat dalam membangun standar sistem corporate university, yakni setiap departemen harus sejalan dengan direktorat agar mendapatkan persetujuan untuk apa yang dilakukan. Dengan demikian, para direktur pun ikut bertanggung jawab pada setiap program pembelajaran karyawan.

Untuk tetap menjaga produktivitas karyawan ketika dalam proses pembelajaran, Garuda Corporate University salah satinya juga menggunakan metode e-learning. Sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengikuti pelatihan tanpa absen dari pekerjaan.

 

2) BNI Corporate University

BNI Corporate University dikembangkan sebagai lembaga pengembangan kompetensi SDM dengan standar kelas dunia. Lembaga pendidikan BNI tersebut telah memperoleh akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD).  Akreditasi tersebut membuktikan bahwa BNI Corporate University telah berhasil mewujudkan visi dan misinya dalam dalam upaya peningkatan kompetensi karyawan BNI dengan konsisten.

Tak hanya itu, BNI Corporate University  telah mengembangkan platform BNI Smarter (Sistem Pembelajaran Terintegrasi). Ini adalah sebuah platform pelatihan serbaguna, yang dengannya setiap pegawai dapat mengakses materi pembelajaran, menghubungi pakar, mencari pelatihan publik, menjalani mentoring dan pengembangan lainnya sesuai dengan bidang pekerjaan mereka.

 

3) PLN Corporate University

PLN Corporate University merupakan satu alat strategis PLN untuk mengintegrasikan semua sumber daya learning, process dan people di perusahaan, sehingga memungkinkan terwujudnya kinerja terbaik. Lembaga pendidikan ini akan terus menerus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku karyawan PLN dalam lingkungan ekosistem bisnis.

Salah satu peran PLN Corporate University adalah menyesuaikan kebutuhan korporat dengan kebutuhan pembelajaran melalui sistem informasi yang terintegrasi. Dengan adanya lembaga pendidikan korporat ini, PLN berupaya terus mencetak pemimpin-pemimpin berkualitas bagi perusahaan di masa depan.

 

4) United Tractors Corporate University

United Tractors Corporate University berperan sebagai center of excellence bagi seluruh karyawan di United Tractors (UT). Selain sebagai penggerak utama untuk membentuk budaya belajar, lembaga pendidikan korporat ini juga menjadi barometer kompetensi dan sertifikasi, juga menjadi resource utama bagi karyawan untuk mengembangkan diri.

Fungsi-fungsi utama dari United Tractors Corporate University adalah sebagai penyedia program pembelajaran dan pelatihan, sebagai pusat konsultasi dan juga sebagai fasilitas untuk menggodok para calon pemimpin perusahaan di masa depan. Visi dari corporate university di UT adalah menjadi lembaga pendidikan korporat terbaik di bidang industri alat berat, pertambangan dan energi.

 

5) Centre of Dynamic Learning Semen Indonesia

Centre of Dynamic Learning Semen Indonesia (CDL SI) adalah corporate university yang didirikan Semen Indonesia untuk memfasilitasi pembelajaran karyawan. Lembaga pembelajaran korporat ini adalah wujud komitmen Semen Indonesia untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi karyawan.

Adanya corporate university ini ikut menunjang prinsip operasional Semen Indonesia, yakni mengedepankan people, process, dan technology. Menurut Direktur Utama Semen Indonesia Rizkan Chandra, teknologi bisa dibeli, proses bisa di-copy, namun people adalah aspek yang harus terus dikembangkan. Menurutnya, inilah yang membedakan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain (kompetitor).

 

Selain lima perusahaan di atas, masih banyak lagi perusahaan di Indonesia yang memiliki corporate university. Beberapa di antaranya adalah Telkom Corporate University (TCU), Pertamina Corporate University (PCU). Corporate university juga bisa ditemukan di IPC, BRI, Bank Mandiri, Bulog, Trakindo Utama, Pan Brothers, Holcim Indonesia dan Wijaya Karya.

Menurut pakar Jeanne C. Meister dalam bukunya Corporate Universities: Lessons in Building a World-Class Work Force, corporate university adalah sebuah payung strategis bagi perusahaan untuk mengembangkan dan mendidik karyawan, pelanggan, dan pemasok agar selaras dengan strategi bisnis organisasi. Maka tak heran jika makin banyak perusahaan—termasuk di Indonesia—makin menyadari peran penting lembaga pendidikan ini.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *