Sebagai manajer proyek, anda memiliki tugas untuk merencanakan, mengatur, dan mengarahkan penyelesaian suatu proyek. Semua proyek yang anda tangani harus selesai tepat waktu, dalam ruang lingkup, sesuai anggaran, serta memiliki kualitas yang baik. Tugas khusus manajer proyek bervariasi berdasarkan industri, organisasi, dan jenis proyek yang mereka tangani. Namun, ada banyak tanggung jawab yang dibagi di antara anggota tim.
Ada berbagai aspek peran manajer proyek yang serupa di sebagian besar organisasi. Aspek-aspek kunci tersebut meliputi:
- Mengembangkan Ide Besar: Mengambil ide dan mengubahnya menjadi rencana yang dapat dieksekusi.
- Mengorganisir Tugas Proyek: Bekerja dengan tim untuk menentukan apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek.
- Menyusun Tim: Membentuk tim untuk membantu mengubah ide menjadi kenyataan.
- Mengomunikasikan proyek dengan Pemangku Kepentingan: Bekerja dengan semua pemangku kepentingan proyek untuk membuat mereka yakin tentang perubahan dan dampaknya terhadap mereka.
- Manajemen Anggaran: Membuat anggaran proyek, mengelolanya, dan mengendalikan biaya.
- Memimpin Tim: Melatih, melatih, mengembangkan, dan mendampingi orang lain yang akan mengerjakan proyek. Ini juga membutuhkan manajemen kolaborasi.
Manajer proyek yang baik akan menyerahkan proyek yang telah selesai kepada pemangku kepentingan atau tim untuk pengelolaan lebih lanjut dengan memperhatikan aspek-aspek kualitas yang harus dideliver.
Ingin menjadi Manajer Proyek yang Handal? Ikuti Online Training SUCCESSFUL PROJECT MANAGEMENT yang akan kami selenggarakan pada 16-18 Maret 2021. Link Pendaftaran: https://bit.ly/2YUXAHU