8 Kriteria yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Level Manager!

Sebagai seorang manajer, kita harus memiliki keberanian, semangat, kepercayaan diri, komitmen, dan ambisi. Selain memberikan arahan, inspirasi, dan bimbingan, sebagai pemimpin juga tentunya harus dapat memelihara kekuatan dan bakat terpendam dari bawahan mereka dan membangun tim yang berkomitmen. Pemimpin yang baik dan efektif harus dapat membawa tim untuk mencapai tujuan organisasi bersama-sama.

  • Berbagi Visi inspiratif

Seorang pemimpin harus memiliki gagasan yang jelas untuk menuju visi organisasi dan menemukan cara bagaimana untuk mencapai kesana dan seperti apa kesuksesan itu. Selain itu, pastikan kita untuk dapat menyampaikan visi tersebut dengan jelas dan penuh semangat. Pastikan tim kita memahami peran tiap individu untuk berkontribusi agar mencapai tujuan yang lebih baik lagi. Tiap individu harus memiliki ketekunan, keuletan, dan antusiasme yang tinggi sehingga dapat mendorong satu sama lain untuk melakukan hal yang sama..

  • Memberi contoh

Cara terbaik untuk membangun kredibilitas dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain, seorang pemimpin harus dapat memberikan contoh yang tepat. Tunjukkan perilaku-perilaku yang positif agar dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti kita. Jika kita ingin menuntut banyak hal terhadap tim kita, pastikan kita telah menetapkan standar tinggi untuk diri kita sendiri. Menyelaraskan kata-kata dan tindakan kita akan membantu kepercayaan dan membuat tim anda bersedia untuk mengikuti teladan kita. 

  • Menunjukkan Integritas

Dengan intregitas yang tinggi, seorang pemimpin dapat memandu keputusan, perilaku, dan hubungan mereka terhadap orang lain. Kita dapat memiliki keyakinan yang jelas tentang apa yang benar dans alah serta dihormati karena tulus, berprinsip, etis, dan konsisten, Manajer yang efektif juga harus memiliki karakter yang kuat, dapat menepati janji, dan berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan langsung dengan orang lain. Menunjukan sifat dan tindakan yang berintegritas, akan membuat kita dihargai dengan loyalitas, kepercayaan diri, dan rasa hormat dari bawahan kita. 

  • Berkomunikasi secara efektif

Memiliki kemampuan komunikasi yang jelas, singkat, dan bijaksana adalah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki seorang pemimpin. Komunikasi bukan hanya sekedar mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian dan merespons dengan cepat. Tetapi termasuk menyampaikan informasi berharga,mengajukan pertanyaan cerdas, meminta masukan dan ide-ide baru, mengklarifikasi kesalahpahaman, dan menjelaskan apa yang kita inginkan. Pemimpin yang baik akan dapat berkomunikasi untuk menginspirasi dan memberi energi kepada staf mereka.

  • Buat Keputusan Sulit

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan sulit dengan informasi yang terbatas sangatlah penting. Saat menghadapi keputusan sulit, mulailah dengan menentukan apa yang ingin dicapai. Pertimbangkan semua kemungkinan konsekuensi dari keputusan dan alternatif-alternatif yang kita pilih. Buatlah keputusan akhir dengan yakin, dan ambil tanggung jawab sepenuhnya dari keputusan tersebut. Menjadi pembuat keputusan yang tegas dan percaya diri akan memungkinkan kita untuk mendapatkan peluang dan rasa hormat dari tim anda. 

  • Akui kesuksesan anggota tim

Untuk dapat terus berkembang dan melakukan upaya yang terbaik, seseorang perlu tahu bahwa pekerjaan mereka dihargai atau tidak. Sebagai seorang pemimpin, kita perlu konsisten untuk memberikan apresiasi kepada anggota tim kita. Temukan cara yang tepat untuk merayakan pencapaian bawahan kita. Selain meningkatkan semangat juang, hal tersebut juga akan memperkuat motivasi mereka untuk terus memberikan yang terbaik.

  • Berdayakan Orang Lain

Pemimpin yang baik dan hebat akan memahami bahwa agar seseorang dapat memberikan yang terbaik, mereka harus memiliki rasa kepemilikan atas pekerjaan mereka dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan bermakna. Komunikasikan tujuan dan tenggat waktu yang jelas kepada tim, lalu beri mereka otonomi dan otoritas untuk memutuskan bagaimana pekerjaan diselesaikan. Tantang mereka dengan ekspektasi tinggi dan dorong mereka untuk menjadi kreatif dan menunjukkan inovasi.

  • Memotivasi dan Menginspirasi

Pemimpin harus dapat mendorong tim mereka maju dengan semangat, antusiasme, inspirasi, dan motivasi. Investasikan waktu pada orang yang kita pimpin untuk menentukan kekuatan, kebutuhan, dan prioritas mereka. Selain membuat mereka merasa berharga, ini akan membantu kita memahami cara terbaik untuk memotivasi mereka. Terus perkuat bagaimana upaya mereka membuat perbedaan, dan dorong pengembangan potensi mereka dengan tujuan dan tantangan yang berarti.

Untuk tips tentang bagaimana bertumbuh menjadi pemimpin yang efektif di tempat kerja, cari tahu dalam Online Training Effective Leadership for Manager yang akan diselenggarakan pada 14-15 April 2021. Link Pendaftaran: https://bit.ly/2NwEfKF

 

Source: https://www.michaelpage.com/advice/management-advice/development-and-retention/8-must-have-qualities-effective-leader

Related posts