Apa Itu Sales & Operations Planning?

Sales & Operations Planning adalah salah satu aspek pada perencanaan rantai pasokan yang bertujuan untuk pembuatan rencana bisnis yang terpadu dan berdasarkan konsensus. S&OP melibatkan semua area fungsional utama organisasi, termasuk marketing, sales, manufaktur, distribusi, dan finance. Kolaborasi lintas fungsi ini akan menghasilkan rencana yang dipahami oleh semua pemangku kepentingan dan berkomitmen untuk saling mendukung. Organisasi menjalankan S&OP dengan tujuan untuk memastikan adanya keselarasan perencanaan strategik jangka panjang dengan day-to-day operation yang berlangsung di perusahaan. 

 

Mengapa S&OP penting?

Tujuan S&OP adalah organisasi akan mendapatkan pandangan holistik tentang perencanaan. S&OP menyelaraskan dan menyeimbangkan perencanaan permintaan (demand), kemampuan supply, dan finansial. S&OP juga merupakan sarana bagi top management dalam memastikan bahwa perencanaan strategik dapat dijalankan secara baik di lapangan. Namun juga merupakan forum bagi top management mendapat feedback bila diperlukan penyesuaian pada perencanaan strategik perusahaan.

Kolaborasi antar departemen tersebut akan memberikan nilai nyata dan perolehan kinerja S&OP yang berhasil. Semua pihak dapat menyelaraskan perencanaannya masing-masing karena berdasarkan keputusan bersama yang diambil dalam proses S&OP. Proses S&OP berlangsung secara bulanan menjamin adanya check and balance secara kontinu (continuous improvement process). Studi menunjukkan bahwa dibandingkan dengan organisasi lain, perusahaan yang menerapkan S&OP berpotensi untuk meningkatkan kinerja sebagai berikut:

  1. Inventory investment 15% lebih rendah
  2. 17% peningkatan pemenuhan customer order
  3. Turunnya cash to cash cycle time sebesar 35%
  4. Turunnya potensi stock-out.

 

Bagaimana Implementasi S&OP?

S&OP biasanya dipimpin oleh manajemen senior dan dilaksanakan setiap bulan. Ini adalah proses berulang di mana hasil dari satu siklus perencanaan dibandingkan dengan siklus berikutnya untuk memberikan informasi trend kepada top manajemen dari seluruh bisnis. Karyawan harus mengevaluasi proyeksinya secara berkala terhadap demand dan supply guna memastikan bahwa rencana taktis di semua fungsi bisnis selaras dengan strategi perusahaan.

Dengan perusahaan “berbasis silo” tradisional, fungsi penjualan, manufaktur, dan keuangan seringkali bersaing satu sama lain. Tanpa rencana yang terkonsolidasi, masalah kecil dapat dengan cepat berkembang menjadi masalah yang jauh lebih besar. Ini dapat dengan cepat diidentifikasi dan ditangani secara proaktif melalui laporan S&OP dan tindakan lainnya.

 

Apakah perusahaan anda sudah siap mengimplementasikan S&OP? Ikuti dulu Online Training Sales & Operations Planning yang akan kami selenggarakan pada 7-8 April 2021. Link Pendaftaran: https://bit.ly/2NzlJS2

 

Related posts