Bagaimana Memimpin Tim Anda di Saat Genting dan Kompleks?

Setiap perusahaan pasti pernah mengalami krisis. Adanya pandemi covid-19 yang menyerang semua negara menyebabkan krisis berkepanjangan bahkan hingga saat ini. Perusahaan harus berubah dari “business as usual” menjadi “business unusual” dalam waktu yang cukup singkat. 

Para pemimpin memiliki peran penting untuk tetap menjaga kegiatan operasional agar berjalan dengan efektif dan efisien. Berbagai proses harus dilalui agar organisasi dapat belajar dari pengalaman yang akan membantu kita untuk menangani krisis yang akan datang berikutnya. 

Sebagai seorang pemimpin, kita harus tetap fokus untuk menjaga keseimbangan antara memimpin dan belajar di masa krisis ini. Kekacauan dan kompleksitas membutuhkan strategi kepemimpinan yang sangat berbeda. Kondisi ini mengharuskan kita untuk merencanakan apa yang akan datang berikutnya dengan sangat bijaksana dengan meminimalisir risiko jangka panjang. Di sisi lain, kita juga harus bertindak dengan cepat dan tegas untuk membuat semua orang tetap fokus pada tujuan organisasi, sekaligus mengurangi kecemasan.

Oleh karena itu para pemimpin wajib memiliki 3 kapabilitas berikut ini agar dapat bertahan melewati masa-masa sulit sekarang ini:

  • Managing People

Managing People adalah bagaimana kita sebagai pemimpin mampu memotivasi, menggerakkan atau mengarahkan orang lain. Ketika seseorang diangkat menjadi seorang leader, sudah tentu akan terjadi ‘kecanggungan peran’. Seseorang tersebut dituntut menjadi pemimpin bagi sekelompok orang sekaligus memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari peran sebelumnya. Di saat genting seperti ini, kita harus dapat mengontrol bawahan, juga berkoordinasi dengan baik terhadap atasan untuk tetap menjalankan peran masing-masing dengan baik agar mencapai tujuan yang sama.

  • Managing Task

Managing Task adalah proses memantau tugas proyek kita melalui berbagai tahapan dari awal hingga selesai. Proses ini melibatkan pengambilan keputusan secara aktif untuk mengakomodasi perubahan yang dapat terjadi secara real-time, dengan tujuan akhir adalah penyelesaian tugas dengan sukses. Dibutuhkan sosok leader yang tangguh yang memiliki pandangan luas dan keputusan yang tepat dalam menjalankan proses ini.

  • Managing Improvement

Managing Improvement yaitu peningkatan kinerja di area kerja. Adalah merupakan tugas seorang pemimpin untuk meningkatkan kinerja di area kerjanya. Seorang pemimpin wajib menggali potensi karyawannya agar dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi perusahaan. Adapun yang dapat dilakukan dalam Managing Improvement diantaranya dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga integritas karyawan. 

Ketiga kapabilitas di atas merupakan aspek-aspek yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin kelas dunia. Tentunya, jika kita bisa memiliki ketiga kapabilitas tersebut, maka ‘gelar’ pemimpin yang baik tentu bisa kita sandang.

Kami akan mengajarkan bagaimana cara memiliki tiga kapabilitas memimpin di atas secara lengkap dan mendalam melalui online training Effective Leadership in the Workplace. Setelah mengikuti pelatihan ini, Anda akan mampu menjadi seorang leader yang dapat mengelola orang, mengelola tugas dan mengelola improvement dengan baik.  Training ini akan kami adakan pada 27-28 Januari 2021. Daftar kelasnya sekarang juga dengan cara klik link berikut: http://bit.ly/otpqmleadership

Related posts