Design of Experiment (DoE)

Bagaimana menentukan formula untuk kopi enak dengan cepat dan murah ?

Bila anda pergi ke kedai kopi dan memesan secangkir kopi kesukaan anda, pernahkah anda membayangkan bagaimana formula kopi tersebut supaya menjadi enak ? Jika kita perhatikan cara membuat secangkir kopi tersebut, banyak sekali kombinasi dari parameter yang dilakukan untuk membuat kopi tersebut enak. Parameter-parameter tersebut antara lain berapa gram kopi yang seduh, gram untuk gulanya, berapa cc untuk air, berapa gram untuk cream yang dituang.

Dengan keempat parameter yang ada bisa kita pastikan banyak sekali dilakukan percobaan atau eksperimen awal ketika akan menyusun formulasi, sebagai contoh suatu kedai kopi melakukan eksperimen untuk membuat kopi 3 in one, dengan komposisi awal kopi 5 gram, gula 3 gram, cream gram dan volume air panas 300 mL kemudian diaduk-aduk hingga merata, setelah dilakukan pemeriksaan hasil maka hasilnya terlalu manis. Berdasarkan eksperimen awal tersebut kemudian kedai kopi melakukan eksperimen selanjutnya dengan komposisi yang berbeda – beda sebagai berikut

Kopi Gula Cream Air (cc) Hasil
5 3 3 310 Terlalu Manis
5 3 3 330 Terlalu Manis
5 3 3 370 Manis berkurang tanpa rasa kopi
6 3 3 370 Tidak manis tapi pahit kopi
6 3.2 3 370 Tidak manis tapi pahit berkurang
6 3 3 370 Terlalu Manis

Banyak sekali kombinasi dari parameter dalam melakukan eksperimen hingga tak terbatas kemungkinannya, Hal ini membutuhkan waktu yang lama, biaya yang tinggi serta tenaga yang besar. Di dalam dunia bisnis hal ini tidak menguntungkan karena waktu design yang panjang serta biaya yang tinggi akan membuat harga jual produk yang dipasarkan tinggi serta profit menurun atau Return of Investment yang lama. Adakah solusi untuk mempercepat waktu eksperiment atau memperkecil kombinasi ? Ada, dengan menggunakan tools Design of Experiment (DoE)

Apa itu DoE?

Design of Experiment (DoE) adalah kajian mengenai penentuan kerangka dasar kegiatan pengumpulan informasi terhadap objek yang memiliki variasi (stokastik), berdasarkan prinsip-prinsip statistika. DoE ini digunakan sebagai alat untuk merancang suatu experiment dengan kaidah-kaidah statistik untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu keunggulan menggunakan DoE adalah mengefektifkan jumlah eksperiment sehingga lebih cepat, lebih murah dan mendapatkan hasil yang optimal dengan tingkat kepercayaan yang tinggi (95%)

Sebagai contoh, kembali ke kasus kopi sebelumnya, dengan menggunakan 4 parameter maka jumlah eksperimen yang dilakukan adalah 8 kali percobaan (1/2 Factorial) atau 16 kali percobaan (Full Factorial). Dari hasil percobaan yang sudah dilakukan, kita dapat menganalisa mengenai keterkaitan antar parameter atau menganalisa pengaruh satu parameter atau kombinasi antar parameter terhadap hasil. Dan yang paling utama dengan menggunakan metode response optimizer maka kita dapat menetapkan nilai dari parameter-parameter untuk hasil yang optimal.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *