Membangun Budaya Improvement dengan Melakukan Kaizen Event

Akhir-akhir ini kecenderungan keinginan pelanggan sangatlah beragam, bukan hanya itu tetapi tuntutannya juga semakin tinggi seiring dengan harapan dan keinginannya. Ini berdampak terhadap perusahaan-perusahaan penyedia  bersaing untuk senantiasa memenuhi berbagai keinginan dan tuntutan tersebut sehingga dapat memenangkan hati pelanggan.

Berbagai upaya dilakukan oleh  organisasi untuk berusaha memenuhi hal tersebut, dimulai dengan menjalankan metode-metode improvement. Salah satu nya adalah dengan melakukan aktifitas yang dikenal dengan Kaizen Event. Kalau kita telaah arti dari Kaizen itu sendiri adalah :

Perlu diperhatikan juga bila ada unsur lain untuk malakukan perbaikan maka itu bukan kaizen, seperti;

KAI-MEI   = ……………….. JIKA ………………………

MELAKUKAN PERBAIKAN JIKA ADA HADIAHNYA

KAI-HOO = ………………. JIKA ………………………

MELAKUKAN PERBAIKAN KARENA DISURUH

Sedangkan Event = diartikan suatu kegiatan yang spesial/fokus  dengan waktu yang singkat.

Kaizen Event ; Perbaikan kearah yang lebih baik dengan melibatkan seluruh individu dalam organisasi dalam waktu yang singkat.

 

Kaizen adalah kunci untuk keterlibatan yang datang dari :

  • Keseriusan yang diambil oleh manajemen
  •  Ambil bagian dalam memanajemeni dan mendesain pekerjaan anda sendiri
  • Kaizen adalah mesin dari perbaikan terus menerus
  • Dimana sebagai kunci pengembangan pengetahuan.

 

Konsep Kaizen Event

  • What : Metode yang secara keseluruhan ataupun parsial dalam mengubaj proses, dalam jangka waktu yang pendek.
  • When : Secepat mungkin dalam waktu pendek terlihat antara target dan aktual kinerja.
  • Where: Kaizen Event dapat dilakukan dimana saja, baik perusahaan manufaktur maupun jasa.
  • Who : Berbagai orang yang terhubungkan dalam proses (manajemen atas, menengah, line depan dan operasi)
  • Why : Untuk memperbaiki efisiensi, mengoptimalkan penggunaan area dan lain sebagainya.
  • How : Dengan mereview keseluruhan proses perbaikan berdasarkan fakta dilapangan.

 

Dengan melakukan Kaizen Event ini dengan konsisten maka secara tidak sadar anda telah membangun budaya perbaikan disetiap individu dalam organisasi anda, bisa dibayangkan kalau setiap individu sudah seperti ini :

  • Ada masalah yang lain gak ya?
  • Ini ide perbaikan kami?
  • Apakah ada ide perbaikan yang lain?
  • Apa yang bisa diperbaiki selanjutnya?

 

10 POKOK “BUDAYA KAIZEN”

  1. Pertanyakan konsep lama tentang cara berproduksi
  2. Lebih baik memikirkan cara untuk dapat melaksanakannya dari pada mencari alasan mengapa tidak bisa.
  3. Jangan berargumentasi, mulailah dengan mempertanyakan kondisi saat ini.
  4. Jangan menunggu sempurna, 50% juga OK, tapi segera lakukan.
  5. Bila ada kesalahan, segera perbaiki.
  6. Jangan pakai uang untuk improvement.
  7. Kalau tidak mengalami kesulitan, “ide perbaikan”  tidak akan muncul.
  8. Cari penyebab sesungguhnya dengan menanyakan 5 kali “mengapa”
  9. Dibanding “pengetahuan” 1 orang masih lebih baik “ide” 10 orang
  10. Improvement itu tak terbatas.

 

PQM Consultants menyelenggarakan workshop KAIZEN EVENT pada bulan November 2019 dalam bentuk Public Training:

Kaizen Event & Factory Tour (Collaboration with PT. Yamaha Music Manufacturing Asia)

PT. Yamaha Music Manufacturing is well-known musical instrument manufacturer in Indonesia that has successfully implemented Kaizen as a corporate culture and built a better improvement mindset and workplace in their company. GET PRICELESS EXPERIENCE by joining Kaizen Event at PT YMMA through this 3-days event.

What will you get: 

  • Factory Tour: We will show you how PT YMMA implementing Kaizen in daily basis. Be a ‘real employee’ and get access to all YMMA’s factory area.
  • Kaizen Tools: With our experienced instructor, get the best knowledge and tools to build your own Kaizen Culture. In 3 days you will also have access to learn from YMMA’s facilitator
  • Implement Kaizen: Execute your Kaizen ideas inside YMMA’s factory. Get once in a lifetime experience discusssing and giving advice to YMMA’s Top Management.

 

Kaizen Event in Service

In 3 days you will gain full knowledge on how to create and sustain your improvement culture. With the help of PQM Consultants trainer, you will learn Kaizen Methodology and how it successfully implemented inside BCA Divisi Bisnis Kredit Konsumer (DBKK) office.

What will you get:

  • Sharing Kaizen Journey from BCA DBKK Top Management & Office Tour
  • Kaizen Execution: Implement Your Ideas in BCA DBKK
  • Kaizen Implementation Result: Get Feedback from BCA DBKK Management

Informasi lebih lanjut dapat Anda simak di sini.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *