Mengapa Sistem Manajemen Inventori Begitu Powerful

Setiap organisasi yang memiliki inventori produk memiliki kebutuhan untuk memiliki informasi yang akurat tentang pergerakan semua inventori tersebut, untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik dan menjalankan bisnis yang menguntungkan. Sistem seperti ini menguntungkan perusahaan karena membantu menghemat biaya tenaga kerja dan mengurangi kerugian dalam penjualan karena kurangnya stok.

Apakah organisasi kita mengelola satu lemari penuh persediaan atau mengatur operasi gudang yang memiliki banyak fasilitas, tujuannya adalah untuk mengurangi biaya dan upaya entri data manual, meminimalkan kesalahan pencatatan inventori dan kelebihan stok, serta meningkatkan efisiensi dalam rantai pasokan kita.

Dengan visibilitas penuh kepada seluruh inventori yang masuk dan keluar, kita akan dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk mempertahankan tingkat stok dinamis yang memenuhi permintaan pelanggan dan penggunaan dalam operasional sehari-hari.

 

Apa yang dimaksud dengan sistem manajemen inventori?

Sistem manajemen inventori (inventory management system) menawarkan keuntungan yang akan memudahkan operasional semua jenis dan ukuran bisnis. Sistem manajemen inventori mengurangi kesalahan entri data, meningkatkan produktivitas, dan menurunkan biaya operasional. 

Hal ini dicapai dengan mengurangi atau menghilangkan entri data manual, inventori fisik manual, backorder, dan penjualan yang gagal karena tingkat stok yang tidak akurat, penghapusan persediaan dan penyusutan. 

Dengan sistem persediaan yang diatur dengan benar, kita akan mampu menghilangkan segala ambiguitas mengenai stok di gudang, dan ke mana perginya semua stok tersebut.

Sistem semacam ini biasanya mampu ‘mengembalikan modalnya sendiri’ dalam waktu kurang dari satu tahun. Sebagian besar pengembalian investasi datang melalui penghematan biaya tenaga kerja dan mengurangi kerugian dalam penjualan karena kurangnya stok. 

Sangat sedikit perusahaan yang memahami betapa murah dan mudahnya menerapkan sistem manajemen inventori. Langkah pertama dalam menentukan sistem pelacakan inventori adalah memahami apakah kita berurusan dengan inventory atau aset.

Solusi manajemen inventori yang lengkap akan terdiri dari perangkat lunak (software) manajemen, komputer atau laptop yang mudah dibawa-bawa, dan printer untuk mencetak label. Alat-alat ini akan memungkinkan kita untuk melacak tingkat dan pergerakan inventori di gudang atau ruang penyimpanan berdasarkan item, nomor seri, atau nomor lot. 

Dengan visibilitas penuh kepada seluruh inventori yang masuk dan keluar, kita bisa membuat keputusan yang lebih baik untuk mempertahankan tingkat stok dinamis yang memenuhi permintaan pelanggan dan penggunaan inventori yang ada.

Konsep utama dibalik software manajemen inventori yang diterapkan dengan benar sangatlah mudah. Secara praktis, semua bisnis memiliki beberapa bentuk inventori, dan software semacam itu memungkinkan perusahaan untuk melacak, memantau dan merampingkan pergerakan barang, yang menghasilkan pengiriman yang lebih cepat dan pengisian ulang yang mulus. 

Dengan kemampuan untuk memantau rantai pasokannya, sebuah perusahaan dapat membuat lebih banyak keputusan bisnis dan investasi. 

Beberapa perangkat lunak bahkan menawarkan wawasan, kontrol, dan fitur audit secara real time.

 

Apa komponen sistem manajemen inventori yang lengkap?

Semua sistem manajemen inventori terdiri dari empat komponen inti:

Perangkat lunak (software) pelacakan inventoriPerangkat lunak yang kita gunakan akan menentukan bagaimana kita melacak inventori. Dukungan untuk pembaruan real time versus batch dan kedalaman pelaporan akan menentukan aplikasi mana yang paling tepat untuk bisnis kita pilih.

Komputer selulerPelacakan inventaris mengharuskan pengguna untuk bergerak di seluruh fasilitas untuk membuat pembaruan dan perubahan. Bergantung pada lingkungan kerja kita dan kebutuhan untuk komunikasi nirkabel, sejumlah perangkat dapat melayani proses ini.

Infrastruktur nirkabelBanyak bisnis memerlukan pembaruan inventaris, yang memungkinkannya dilakukan secara real-time. Karena itulah, jaringan nirkabel adalah alat yang diperlukan untuk melakukannya. Tidak masalah berapa besar ukuran fasilitas kita, jaringan dapat ditingkatkan untuk mengakomodir keperluan ini.

Barcode printerUntuk melacak item dengan cepat dan mudah, mereka perlu diberi label dengan barcode. Pencetakan dapat dilakukan pada unit tetap untuk pencetakan volume tinggi atau saat bepergian dengan printer seluler.

 

Apa manfaat utama perangkat smart inventory management?

Terlepas dari metode ini, manajemen inventori manual tidak efisien dan sangat memakan waktu. Tidak peduli fakta bahwa informasi inventori yang dikumpulkan menggunakan cara manual sudah usangtetapi lebih buruk, cara tersebut rawan kesalahankarena metode manual sangat rawan kesalahan. 

Memiliki data inventori yang tidak akurat dapat menyebabkan: Terlalu banyak menimbun inventori sehingga meningkatkan biaya gudang, antara lain, atau menyebabkan gagalnya penjualan dan potensi pendapatan, sementara secara negatif mempengaruhi pengalaman pelanggan.

Bagaimanapun pun cara kita melihatnya, mengadopsi sistem manajemen persediaan yang tidak efisien adalah buruk untuk bisnis. Karenanya mengapa mengimplementasikan perangkat lunak manajemen inventori yang cerdas bukan lagi sebuah kemewahan, tetapi suatu keharusan strategis. Dan dengan demikian, dapat dianggap sebagai salah satu faktor penting yang menentukan daya saing, dan pada akhirnya, kelangsungan hidup bisnis.

Manfaat spesifik penerapan solusi cerdas untuk menciptakan sistem manajemen inventori dalam sebuah bisnis akan mencakup:

Visibilitas rantai pasokan yang makin baikMemiliki visibilitas ke seluruh rantai pasokan memberdayakan pemilik bisnis untuk lebih mengendalikan pergerakan persediaan dan barang-barang mereka, dan dengan itu muncul informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang penting dan tepat waktu.

Pelacakan inventori real timeKebutuhan akan informasi terbaru di hari itu juga dan secara real time tidak dapat dibilang berlebihan, karena persaingan untuk memberikan layanan tercepat sedang berada pada puncaknya.

Meningkatkan kinerja keuanganKetika sistem persediaan dioptimalkan dengan kemampuan prediksi, perusahaan dapat mengamankan persediaan dan stok pada tingkat yang lebih baik. Perusahaan mampu memindahkan barang secara tepat waktu: yang akan meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Akuntansi dan pelaporan yang akuratPelacakan inventori yang efisien ditambah dengan data real time memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan yang akurat yang mencerminkan nilai aktual dari katalog perusahaan, alih-alih membuat laporan berdasarkan estimasiatau lebih burukfirasat.

Mengurangi pencurian inventori dan kehilangan inventoriAkhirnya, memiliki perangkat lunak yang melacak secara sistematis pergerakan barang akan secara drastis mengurangi kehilangan inventori karena faktor-faktor seperti pencurian dan kelalaian.

 

Fitur apa yang harus dimiliki perangkat lunak manajemen inventori?

Jika kita ingin membeli software inventory, beberapa fitur utama dianggap keharusan. Fitur-fitur ini termasuk: fungsi audit inventory yang melakukan tinjauan berkala dan menandai setiap perbedaan; fungsi kontrol inventori yang mencegah overstocking and understocking; alat analisis kategorisasi produk; manajemen pesanan pembelian.

Selain itu, para pemimpin bisnis harus memastikan bahwa platform manajemen inventori dapat diintegrasikan dengan sistem lain perusahaan, seperti perangkat lunak akuntansi, sistem kontrol logistik, atau fasilitas ERP yang lebih besar. 

Solusi manajemen inventori didukung (dan dibatasi oleh) perangkat lunak yang digunakan. Fungsi inventaris dasar dicakup oleh semua perangkat lunak, tetapi tergantung pada kebutuhan kita untuk memiliki pembaruan real time dalam sistem kita, beberapa aplikasi akan lebih cocok daripada yang lain. Kekuatan sebenarnya dari aplikasi apapun adalah betapa mudah dan dalamnya aplikasi tersebut memberikan visibilitas ke dalam penggunaan inventori perusahaan.

Teknologi masa depan yang sedang berkembang seperti IoT (Internet of Things) juga diperkirakan akan merevolusi ruang ini lebih jauhpergudangan otomatis merupakan contoh utamasehingga solusi yang tepat harus dapat mengintegrasikan sensor cerdas dan sistem otomatis dengan kuat.

Memilih solusi ideal untuk manajemen inventori adalah salah satu keputusan paling menantang yang dihadapi para pemimpin TI saat ini. Selain menemukan kecocokan yang tepat, banyak faktor lain seperti skalabilitas, dan model penetapan harga harus dipertimbangkan.

 

PQM Consultants akan menyelenggarakan pelatihan Spare Parts Inventory Management yang akan dilaksanakan pada 23-24 Juli 2019. Kunjungi website kami untuk informasi dan pendaftaran. Klik Di Sini

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *