Mengurai Semrawut Pergudangan Lewat ‘Warehouse Management Game Simulation’

Seringkali diremehkan, gudang ternyata memiliki peran penting dalam mengoptimalkan supply chain yang berkontribusi besar pada biaya dan keuntungan perusahaan. Hal ini berlaku tak hanya di industri manufaktur, tapi juga di perusahaan logistik, ritel atau perusahaan apapun yang memiliki gudang dalam rantai pasokannya. Rubrik SimLearning Series pada kali ini akan mengupas secara singkat bagaimana memahami sistem pergudangan yang baik melalui simulasi permainan yang interaktif.

 

“Simpan saja di gudang!”

Hitung berapa kali kalimat sederhana ini terdengar, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun di  lingkungan pekerjaan. Istilah pergudangan atau warehousing kini makin populer, karena banyak perusahaan mulai mengandalkan sistem gudang mereka, tidak hanya untuk bersaing dalam menghasilkan keuntungan tetapi juga dalam mengoptimalkan rantai pasok alias supply chain.

Gudang adalah salah satu mata rantai dalam supply chain yang harus diperhatikan secara terus-menerus. Dan ini berlaku tak hanya bagi perusahaan manufaktur, distribusi atau perusahaan logistik. Semua perusahaan yang memiliki gudang perlu memperhatikan dan mengoptimalkan sistem pergudangan mereka. Tapi bagaimana cara membuat gudangyang hanya dipakai untuk tempat menyimpan barangmenjadi salah satu competitive advantage perusahaan?

 

Manajemen gudang yang baik adalah kunci suksesnya.

Rubrik SimLearning Series pada kali ini akan mengupas secara singkat bagaimana memahami sistem pergudangan yang baik melalui simulasi permainan yang interaktif. Dirancang pada tahun 2017, Warehouse Management Game sudah sering dimainkan oleh berbagai macam praktisi warehouse dari industri yang berbeda-beda mulai dari FMCG, Otomotif, Food and Beverage dan masih banyak lagi. Permainan ini cukup seru dan sangat berguna untuk dipraktekkan pada saat pelatihan.

Bagaimana keseruannya? Yuk, kita mulai saja!

 

“Build Your Empire”

Masing-masing tim akan diberikan sejumlah palet untuk ditata dalam gudang. Tim harus menentukan bagaimana layout pergudangan, letak pintu untuk keluar masuk barang, dan juga jalur perpindahannya. Kesalahan dalam membuat layout dapat berakibat biaya yang tinggi saat permainan berlangsung (dan juga di kehidupan nyata bila perusahaan tak mampu menjalankan praktik warehouse management yang baik).

 

“Press Start!”

Selama permainan berlangsung, peserta akan ‘digempur’ dengan adanya order masuk dan order keluar barang yang akan disampaikan oleh game master. Strategi layout di awal permainan tadi dapat mempengaruhi apakah gudang masih ‘muat’ untuk menerima order. Sehingga tak jarang banyak picker yang terpaksa menaruh palet barang di sepanjang koridor, atau di lokasi yang tidak seharusnya.

 

“Game is Over, but Improvement Starts Over”

Setelah game berakhir, peserta akan menghitung berapa biaya pergudangan dan memeriksa alur perpindahan barang. Peserta akan mengevaluasi bagaimana efektivitas dari layout gudang awal, identifikasi tipe barang dan penanganannya (fast moving dan slow moving), memahami bagaimana layout dapat mempengaruhi biaya pergudangan.

Tantangan pun berlanjut dengan melakukan perbaikan pada layout pergudangan dan menerapkan strategi hingga biaya pergudangan bisa lebih rendah daripada periode sebelumnya.

Permainan Warehouse Management Game ini biasanya dilakukan dalam sesi training warehouse management. Dengan demikian, pemahaman mengenai warehouse akan lebih dalam dan mudah diingat karena aktivitasnya yang menarik.

Semakin tertantang untuk memainkan Warehouse Management Game? Dengan senang hati PQM akan memfasilitasinya. Penasaran dengan SimLearning apa lagi yang dirancang oleh PQM Consultants? Tunggu artikel SimLearning Series selanjutnya. Salam improvement!

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *