Menjadi Seorang Expert dengan Cara Bekerja Bersama

Jika teori evolusi Darwin mengatakan, “hanya organisme yang mampu beradaptasi, yang dapat bertahan menghadapi seleksi alam”, maka teori tersebut juga berlaku bagi organisasi. Layaknya mahluk hidup, organisasi perlu terus tumbuh dan berkembang agar mampu bertahan menghadapi “seleksi alam” seperti krisis ekonomi, tuntutan pelanggan yang semakin meningkat, perebutan talent, pesaing yang semakin kuat, dan lain sebagainya. Tantangannya adalah proses tumbuh dan berkembang seperti apa yang dapat memunculkan organisasi unggulan?

Self Directed Work Team (SDWT) dapat menjadi jawabannya. Pendekatan SDWT menggunakan cara berpikir memberdayakan para karyawan di dalam organisasi untuk menjadi “expert” yang dapat “bekerja bersama (working together)” menyelesaikan permasalahan yang ada, sehingga dapat menggerakkan organisasi terus tumbuh dan berkembang.

Arti “expert” yang dapat “bekerja bersama” dalam hal ini, adalah karyawan:

  1. Mengelola secara mandiri target dan pencapaiannya|
    Dalam hal ini, karyawan memiliki “ownership” terhadap target yang dimilikinya sehingga timbul kesadaran untuk mencapai target, melakukan perencanaan yang baik, pengunaan sumber daya yang efisien dan efektif, mencari solusi dalam permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan, menchallenge dirinya untuk terus berkembang agar dapat mencapai target yang juga semakin menantang.
  1. Bekerja secara multiskill
    Karyawan tetap perlu menjadi spesialis di bidang tertentu, tetapi sebagai tahapan pengembangannya, ia perlu menguasai bidang lain. Manfaat bagi karyawan adalah dapat lebih fleksibel dalam pengembangan jalur karirnya, sedang manfaat bagi organisasi adalah lebih mudah dalam melakukan man power planning dan suksesi karyawan.
  1. Fokus pada pencapaian tim, bukan individu
    Karyawan melihat target yang ada sebagai pencapaian tim, artinya dalam bekerja karyawan akan berpikir setiap orang memiliki strength untuk bidang tertentu yang dapat melengkapi orang lain. Cara berpikir tersebut menekankan pada proses berbagi, sehingga setiap karyawan dengan semangat memberikan potensinya untuk kemajuan tim.  Dengan filosofi ini, kekuatan yang ada dalam tim akan dipadukan menjadi satu kekuatan solid untuk bekerja mencapai target, bukannya dilihat sebagai titik perbedaan yang bisa mempertajam konflik. Selain itu manfaat lainnya adalah timbulnya control tim, yaitu proses saling memberi feedback bila target tidak tercapai, proses saling memotivasi untuk terus berbuat lebih baik, dan proses saling membantu untuk pemecahan masalah.

Pertanyaan selanjutnya, apabila para karyawan adalah expert yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, lalu dimana peran seorang pemimpin?  Diperlukan arsitek strategi unggulan untuk dapat memimpin organisasi yang menerapkan SDWT.

Pemimpin dalam hal ini di tuntut untuk menyusun sebuah desain organisasi yang dapat memungkinkan karyawan menjadi expert yang dapat bekerja bersama, yaitu :

  1. Terintegrasinya Key Performance Indicator (KPI) dari tingkat korporat sampai ke tingkat individu. KPI ini disosialisasikan dengan baik, dan termonitor dengan baik serta didukung sistem reward yang dapat memotivasi
  2. Tersedianya akses dan distribusi informasi yang cukup, maka tugas pemimpin adalah membangun jaringan komunikasi yang efektif diakses karyawan. Jaringan komunikasi, dapat berupa forum meeting, database terintegrasi, postingan di dinding, dll.
  3. Tersedianya sistem pengembangan keterampilan karyawan, maka tugas pemimpin selain membangun sistem pengembangan, juga memastikan sistem itu berjalan dengan efektif.

Peran pemimpin yang tidak kalah penting adalah memberi kepercayaan kepada karyawan untuk mencoba dan belajar hal baru. Melalui proses pembelajaranlah, karyawan berkembang dan tumbuh sehingga proses learning organization benar-benar secara simultan dapat terjadi. Siapkah organisasi  sobat untuk tumbuh dan berkembang bersama?

 

Putting people together is only the beginning, staying together is a challenge, working together is success – Ed Rose

 

***PQM Consultants memiliki beragam prorgam team building dan bagaimana membentuh high productivity team. Info lengkap seputar program ini dapat diperoleh melalui email di cro@pqm.co.id.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *