NEW ISO 9001:2015

ISO 9001:2015 baru saja disetujui menjadi Internasional standard setelah sebelumnya mengalami beberapa pembahasan mulai dari tahapan DIS (Draft International Standard), FDIS (Final Draft Internasional Standard) dan akhirnya menjadi Internasional Standard akhir bulan September 2015.

Sejak diterbitkannya ISO pertama kali pada tahun 1987 sampai pada revisi terakhir yaitu ISO 9001:2015, Standard ISO 9001 telah mengalami 3 (tiga) kali revisi. Pertanyaan berikutnya adalah, apa yang baru dari ISO 9001:2015, perubahan apa yang penting dan apa manfaatnya bagi organisasi serta apa yang harus dilakukan organisasi ?

ISO 9001:2015 memiliki struktur yang berbeda dari ISO 9001:2008. Pada ISO 9001:2008 hanya memiliki 8 persyaratan sedangkan ISO 9001:2015 memiliki 10 Persyaratan. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :

iso-9001-revision

ISO 9001:2015 memiliki struktur yang berbeda dari ISO 9001:2008. Pada ISO 9001:2008 hanya memiliki 8 persyaratan sedangkan ISO 9001:2015 memiliki 10 Persyaratan. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :

ISO 9001:2008 ISO 9001:2015
0. Introduction
1. Scope
2. Normative References
3. Terms and Definitions
4. Quality Management System
5. Management Responsibility
6. Resource Management
7. Product Realization
8. Measurement, Analysis and
Improvement
0. Introduction
1. Scope
2. Normative References
3. Terms and Definitions
4. Context of the organization
5. Leadership
6. Planning
7. Support
8. Operations
9. Performance Evaluations
10.Improvement

Dari sisi struktur ISO 9001:2015 lebih mudah dipahami di dalam konteks proses organisasi dan lebih generic sehingga lebih mudah untuk diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya yang akan atau sudah di terapkan.

Selain dari sisi struktur , maka model PDCA dari ISO 9001:2015 juga lebih mudah untuk di pahami dan di mengerti oleh organisasi. Dan yang lebih penting lagi di dalam Model PDCA tersebut ISO tidak hanya mengakomodir persyaratan pelanggan tetapi peryaratan lainnya yang juga berdampak terhadap kemampuan organisasi untuk memenuhi persyaratan pelanggan. Karena pada persyaratan saat ini tidak hanya persyaratan pelanggan tetapi juga harus memperhatikan persyaratan pihak-pihak lain (interest party) yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Sehingga di harapkan ISO mampu menjaga keberlangsungan bisnis organisasi (sustainability)

Selanjutnya perbedaan yang juga penting untuk di pahami organisasi yang menjalankan ISO 9001 adalah adanya pertimbangan Risk Manajemen di dalam penerapan ISO 9001:2015. Kenapa? Efektifitas penerapan sistem manajemen mutu dipengaruhi berbagai factor, baik internal maupun eksternal organisasi.

Oleh karena itu organisasi harus mengidentifikasi potensi-potensi yang dapat menimbulkan kegagalan dalam menjalankan sistem manajemen secara efisien dan efektif. Sehingga organisasi dapat menentukan tindakan pencegahan dan contingency plan yang baik. Dengan adanya pertimbangan risk manajemen ini maka organisasi mempunyai alat untuk menjaga kelangsungan bisnis organisasi.

Hal lain yang menjadi perbedaan yaitu dokumentasi informasi (Documented Information). Kalau di dalam ISO 9001:2008 persyaratan dokumentasi yang di atur di dalam ISO 9001 cukup banyak dan terstruktur. Maka di dalam ISO 9001:2015 organisasi dapat menentukan dokumentasi yang di pilih sesuai dengan kompleksitas proses, dampak proses pada mutu dan kompetensi presonil. Sehingga akan lebih mudah di terapkan sesuai dengan kondisi dan jenis bisnis organisasi

Dengan perubahan perubahan ini, maka penerapan ISO 9001:2015 akan memberikan nilai tambah yang semakin besar di dalam organisasi untuk menjaga keberlangsungan bisnis Organisasi . Tetapi tentunya dibutuhkan pemahaman dan interprestasi yang baik terhadap standard ISO 9001:2015 dan yang lebih penting adalah komitment untuk menerapkan tidak hanya sebagai sebuah persyaratan yang minimum.

Oleh karena itu, PQM Consultants sebagai organisasi yang selama ini focus kepada peningkatan produktifitas dan kualitas dapat membantu organisasi di dalam menerapkan ISO 9001 ini dengan efektif.

Dengan pengalaman PQM Consultant selama 28 tahun lebih dan pendekatan yang kami lakukan selama ini di dalam penerapan ISO 9001, yaitu meningkatkan daya saing organisasi dan bukan saja berorientasi sertifikasi, menggunakan standard dalam menghadapi masalah dan tantangan organisasi serta ber-orientasi kepada proses bukan hanya persyaratan. Sehingga penerapan sistem manajemen di organisasi Bapak dan Ibu bisa benar-benar meningkatkan daya saing organisasi. Selamat menerapkan ISO 9001:2015.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *