SDM: Faktor Penentu yang Sering Terlupakan dalam Total Quality Management

Berbicara mengenai Total Quality Management (TQM), biasanya yang langsung terlintas di benak kita adalah perampingan proses, peningkatan kualitas, dan kepuasan pelanggan. Namun ada satu elemen yang justru paling esensial dalam TQM: sumber daya manusia alias SDM.

Ya, peran manajemen sumber daya manusia sangat berpengaruh dalam praktik TQM. Efisiensi proses, peningkatan kualitas, ataupun kepuasan pelanggan tak akan tercapai tanpa SDM yang berkualitas. Sekarang, mari kita pahami terlebih dahulu hal-hal penting dalam TQM, untuk dapat lebih melihat betapa tingginya peran SDM dalam TQM.

Seperti yang kita ketahui, Total Quality Management adalah filosofi manajemen yang berusaha mencapai hasil terbaik dengan cara memusatkan semua proses pada kepuasan pelanggan. Prinsipnya, cara terbaik untuk sukses jangka panjang adalah dengan menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan dan kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, semua yang ada di TQM didefinisikan melalui lensa kepuasan pelanggan.

Bagaimana kita tahu kita telah mengimplementasikan TQM dengan tepat? Jawabannya adalah saat kita melihat sebuah peningkatan yang berkelanjutan, di mana semua orang dalam organisasi memiliki bagian dalam proses tersebut. TQM sendiri memiliki 8 elemen inti yang dikelompokkan dalam empat bagian yang bisa dianalogikan ibarat sebuah bangunan yang kokoh.

Bagian I: Fondasi

Sebuah bangunan tak akan bisa berdiri tanpa tiang penyangga atau fondasi yang kuat. Dalam hal ini, yang termasuk fondasi dalam TQM adalah:

– Etika

Etika adalah standar penilaian moral seperti baik atau buruk, benar dan salah. TQM menekankan pentingnya memahami apa yang etis dilakukan, baik sebagai organisasi maupun sebagai individu. Karena organisasi yang beroperasi dengan cara yang baik secara moral itu penting.

– Integritas

Jika etika artinya mengetahui apa yang benar dan apa yang salah, integritas lebih menekankan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan dalam lingkungan yang jujur ​​dan terbuka. Drama kantor, rumor, atau bentuk permusuhan personal harus dihindari.

– Kepercayaan

Hubungan kepercayaan di antara individu dalam organisasi dapat meningkatkan dan menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan. Produsen pun butuh rasa percaya konsumen. Jika rasa percaya sudah terjalin, maka pengenalan masalah, analisis masalah, solusi masalah, dan pengambilan keputusan akan menjadi lebih mudah.

Bagian II: Batu Bata

Susunan batu bata menanggung beban sebuah bangunan. Dalam konteks TQM, elemen-elemen berikut inilah yang bersandar pada fondasi dan mendukung seluruh struktur:

– Pelatihan

Untuk dapat mencapai kualitas maksimal, karyawan membutuhkan skill atau kemampuan yang maksimal dalam bidang mereka di perusahaan. Oleh karena itu, besar pengaruhnya bagi karyawan untuk untuk menerima pelatihan yang diperlukan dari atasan mereka.

– Kerjasama tim

Mencapai tujuan perusahaan dan menyediakan layanan tingkat tinggi bagi pelanggan, diperlukan sebuah tim yang solid. Tim yang solid bekerjasama secara efisien. Tak hanya para individu harus tahu bagaimana bekerja bersama, lingkungan tim juga harus memfasilitasi adanya diskusi terbuka atas masalah dan solusi.

– Kepemimpinan

Sementara pelatihan dan kerja tim sangat penting bagi para karyawan, pemimpin pun memiliki peran penting untuk memanfaatkan potensi. Semua atasan dan manajer harus memahami filosofi dan metodologi TQM, dan harus dapat menerapkannya dengan mentransmisikan nilai, strategi, arahan dan tujuan kepada seluruh tim.

Bagian III: Semen

Ketika Anda sudah memiliki fondasi dan batu-bata untuk membangun sebuah bangunan, kini Anda harus mengikat elemen-elemen tersebut dengan kokoh, inilah fungsi “semen” yang kuat.

– Komunikasi

Semen yang kuat dalam TQM adalah komunikasi. Mulai dari fondasi, mengelilingi batu bata, hingga mencapai atap. Satu-satunya cara untuk terus meningkatkan dan mencapai kinerja optimal adalah membuat informasi dan ide mengalir dengan bebas dalam organisasi, melibatkan semua entitas eksternal seperti pelanggan, mitra, pemasok, dan pemangku kepentingan.

Bagian IV: Atap

Bagian paling menonjol dalam sebuah bangunan adalah atapnya. Dalam TQM elemen ini adalah kunci terakhir.

– Pencapaian

Mengapa pencapaian dikatakan sebagai “atap” perusahaan Anda? Karena pada akhirnya, apa yang paling dilihat dari perusahaan Anda adalah prestasi, pengakuan, dan penghargaan yang telah dicapai. Elemen ini melibatkan feedback positif pelanggan Anda. Semua anggota harus berkontribusi secara produktif dalam kinerja untuk mencapainya.

 

Setelah kita menelaah delapan elemen di atas, yang terbagi dalam “fondasi”, “batu bata”, “semen”, dan “atap” perusahaan Anda, apa yang paling menentukan kekokohan tiga bagian itu Jawabannya adalah sumber daya manusia. Karena yang menentukan benar atau tidaknya pemasangan fondasi, batu bata, dan semen dari sebuah bangunan adalah seluruh manusia yang terlibat dalam pembangunannya.

Dengan kata lain, yang menentukan terbentuknya etika, integritas, kepercayaan, pelatihan, kerjasama tim, kepemimpinan, komunikasi, dan pencapaian yang baik untuk suksesnya TQM dalam sebuah perusahaan adalah sumber manusianya. Jadi, terlepas dari hal-hal penting lainnya, jangan pernah terlupakan bahwa SDM yang berkualitas adalah elemen paling esensial dari kesuksesan TQM.

Kualitas SDM inilah yang menjadikan PT Komatsu Indonesia sebagai salah satu perusahaan di Indonesia yang berhasil menerapkan prinsip-prinsip Total Quality Management secara konsisten dalam mengelola perusahaan sehingga membuahkan hasil yang positif hingga akhirnya memperoleh Deming Prize dari JUSE (Japan Union of Scientists and Engineers). Perusahaan yang telah berdiri lebih dari 35 tahun ini memperoleh Deming Prize di Jepang pada 14 November 2018 lalu.

Deming Prize adalah penghargaan paling tinggi dan sudah berlangsung lama di dunia dalam bidang Total Quality Management (TQM). Penghargaan ini memberikan apresiasi baik kepada individu-individu yang memiliki kontribusi pada bidang TQM maupun perusahaan-perusahaan yang sukses mengimplementasikan TQM.

Penasaran bagaimana perusahaan ini mengimplementasikan TQM dalam perusahaan mereka? Ikuti kunjungan eksklusif ke dalam pabrik PT Komatsu Indonesia yang akan diadakan tanggal 26 Juni 2019. Di sini Anda akan melihat bagaimana mereka berhasil mengimplementasikan TQM dengan konsisten, perjalanan mereka hingga berhasil meraih Deming Prize, juga keuntungan apa saja yang mereka dapatkan setelah meraih penghargaan tersebut. Hubungi 021-4251887 atau 0812-1057-6646 untuk info lebih lanjut.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *