Tebak, Apa Yang Akan Dilakukan Oleh Pelanggan Yang Puas?

Saya sering menggunakan armada taksi sebagai alat transportasi untuk berpergian ke berbagai klien dalam banyak aktivitas Training. Saya pun memiliki pengemudi taksi langganan yang siap sedia untuk mengantar dan menjemput saya ke berbagai tempat tujuan. Saya masih ingat ketika pertama kali mau memilih pengemudi langganan, tentu saya selektif dan tidak sembarangan pilih. Well, you know enaknya menjadi Konsultan adalah kita akan menjadi sangat peka jika terkait hal yang kita “konsultasikan”. Oleh sebab itu saya pun menjadi peka jika terkait dengan service experience yang saya dapatkan, termasuk dari pengemudi taksi.

Setelah melalui beberapa proses “pilih-pilih”, saya akhirnya menjadi penumpang dari seorang pengemudi taksi bernama Pak Mulyadi. Saya masih ingat ketika mengalami service experience pertama kali dari Pak Mul. Waktu itu saya berangkat dari tempat tinggal saya di daerah Cengkareng, Jakarta menuju ke tempat klien di salah satu kawasan industri Tangerang unutk melakukan meeting. Saya dan Pak Mul sama-sama asing dengan daerah tujuan dan kami sama-sama tidak tahu daerah tersebut. Hanya berbekal secarik alamat (tanpa GPS) kita pun bergerilya mencari tempat tujuan. Hal yang membuat saya terkesan adalah sigapnya Pak Mul untuk bersusah payah (sesekali terlihat berlari) untuk keluar dari taksi dan bertanya alamat ke penduduk sekitar. Perlu beberapa kali menepi dan bertanya pada penduduk sebelum akhirnya menemukan alamat yang dimaksud.

Tak berhenti disitu, keramahannya selama perjalanan membuat saya tenang dan percaya padanya untuk sampai di tempat tujuan tanpa terlambat. Alkisah, saya pun tiba dengan baik dan tidak terlambat di tempat tujuan dan Pak Mul tetap menunggu saya di tempat tersebut selama saya meeting untuk kemudian mengantar saya ke tempat tujuan berikutnya. Pengalaman pertama tersebut tampak sederhana, namun hal itulah yang membuat saya memilih Pak Mul sebagai pengemudi langganan saya yang tentu juga berdampak pada penghasilan yang bersangkutan.

Setelah saya berlangganan dengan Pak Mul, saya juga ingat bagaimana Pak Mul dengan sengaja mencari musik instrumental favorit saya dan saat pagi-pagi menjemput saya, dia memutarkan musik tersebut. What a surprise ! Selama dua tahun saya berlangganan dengan Pak Mul, ia konsisten menunjukkan keramahannya, profesionalitasnya, kesigapannya, dan tampak usaha kerasnya untuk selalu berupaya menjemput saya ontime di klien untuk kemudian mengantar pulang ke tempat tinggal saya. Yang menarik, ternyata bukan hanya saya yang menjadi langganannya Pak Mul. Ia juga punya beberapa customer lain yang juga menjadi langganannya. Meski demikian, Pak Mul selalu cerdas mengatur waktu agar kebutuhan antar-jemput saya dengan kebutuhan customer yang lain tidak berbenturan waktunya.

Saya memang hanya berlangganan dengan Pak Mul selama dua tahun karena kemudian saya pindah ke Bekasi dan otomatis juga perlu mencari pengemudi langganan baru. Pengalaman saya selama dua tahun tersebut dengan Pak Mul menyebabkan saya sebagai customer melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Saya mempromosikan armada taksi dimana Pak Mul bernaung. Setiap saya berinteraksi dengan klien maupun teman-teman, saya selalu menyarankan dan membujuk mereka untuk memilih armada taksi tersebut.
  • Saya menjadikan standard pelayanan Pak Mul sebagai standard pelayanan yang saya harapkan dari setiap service provider yang saya temui (bukan hanya armada taksi). Baik saya ke restoran, bengkel, minimarket, hotel, mall, dll saya mengharapkan pelayanan dengan standard pelayanan Pak Mul.
  • Saya sering memberikan tanda terima kasih ke Pak Mul sebagai apresiasi pelayanannya.
  • Saya meng-contact manajemen armada taksi dimana Pak Mul bernaung via email untuk menceritakan pengalaman saya dan mengapresiasi pelayanan Pak Mul selama ini. Email saya ini menyebabkan Pak Mul mendapat penghargaan khusus dari armada taksinya.
  • Sampai sekarang sesekali saya masih meng-contact Pak Mul jika saya mau ke bandara dari klien, karena saya tahu bandara dekat dengan pangkalan taksi Pak Mul yang tentu memudahkan beliau juga untuk langsung kembali ke pangkalan.

Inilah hal-hal yang saya lakukan sebagai customer-nya Pak Mul. Bayangkan pula apa yang dapat customer anda lakukan jika anda konsisten dalam pelayanan “WOW” dengan customer anda. Saya yakin armada taksi tersebut bisa menjadi armada taksi terbesar di Indonesia saat ini karena konsistensi mereka untuk membangun budaya pelayanan dengan mempertahankan dan mengapresiasi “Pak Mul – Pak Mul” yang ada disana. Organisasi anda pun dapat melakukan hal yang sama. Bangunlah budaya pelayanan dengan menemukan “Pak Mul – Pak Mul ” dalam organisasi anda. Pertahankan dan apresiasi pelayanan “WOW” mereka.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *