Yakin !! Masalah Adalah Peluang

Baca koran…Harga dollar naik, karyawan menuntut kenaikan UMK, pabrik dan perusahaan tetangga sudah bersiap pindah loksasi, para pemimpin bangsa sedang jadi artis KPK yang kerjaannya di interview penyidik ? inilah potret saat ini setiap elemen masyarakat terkadang memiliki masalah, dan setiap orang menanggapi hal ini dengan berbagai sikap.

Dalam hati berkata “Yahhh kenapa harus ada MASALAH”. Pertanyaan ini menimbulkan jawaban beragam; ada menerima masalah ini dengan mengeluh dan menangis, menerima dengan tangan terbuka kemudian bangkit untuk menyelesaikan, namun ada juga tipe orang yang menerima dan hanya berfikir “santai akan ada pahlawan yang menyelamatkan” (nothing to dojust wait & see).

Dari sudut pandang mana kita melihat ? kemudian pertanyaan selanjutnya bagaimana menyikapi masalah itu? Bagaimana aura wajah kita apakah berkerut dahi dan menolaknya,atau kita katakan “haiiii masalah come to meyou miss me (smile)”… Sejak kecil kita sudah mengenal teori revolusi Darwin “Species yang bisa bertahan adalah species yang mampu beradaptasi”. Demikian dengan manusia yang bertahan menghadapi masalah adalah yang mampu beradaptasi dengan masalah.

Adaptasi dalam masalah ini diartikan sebagai bagaimana kemampuan kita dalam memecahkan masalah. Bila telah menerapkan lean, kami sering mengatakan bahwa  “Masalah itu peluang besar”. Masalah didefinisikan sebagai kondisi seseorang yang terdorong untuk melakukan tindakan/ bereaksi terhadap sesuatu kondisi.

Orang mungkin akan berkeluh kesah dengan masalah yang dihadapi. Orang ini akan merasa  kehidupan seakan semua tidak memihak padanya dan semua seperti berada diluar kendali. Mereka beranggapan bahwa masalah adalah hambatan untuk tumbuh berkembang. Hal ini bertolak belakang dari orang yang proaktif, mereka seperti menantikan dan mencari masalah. Proaktif memposisikan diri, untuk menggali bagaimana cara memecahkan masalah. Setiap masalah yang diinginkan dihadapi untuk dilakukan perbaiki secara terus-menerus. Kondisi ini menciptakan lingkaran pengendalian lingkungan dan menjadikannya kondisi sekitar menjadi lebih baik.

Hal tersebut terjadi dalam kegiatan produksi kita sehari-hari. Bagaimana suatu line produksi menyoroti lokasi kerja yang sangat ramai. Menimbulkan masalah yaitu terlihat kapasitas orang tidak mencukupi dan diperlukan perluasan area pabrik. Bila diamati terlihat operator banyak menunggu proses mesin, rajin “bergerak” berjalan membawa-meletakkan material dan alat kerja. Namun langkah yang diambil management adalah bukan memperluas area kerja, mengganti mesin otomatis. Yang dilakukan adalah melihat “PELUANG” melalui analisa kerja operator, menghilangkan kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki nilai tambah serta melakukan perbaikan-perbaikan secara terus menerus di area proses. Yang didapatkan oleh perusahaan tersebut adalah bukan investasi besar yang terjadi tetapi keuntungan yang didapatkan dari peningkatan produktivitas.

Jadi apakah masih menunda berfikir bahwa masalah adalah peluang  ?

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *