You are, Your Super Brand – The C2 S2 Competence, Character, Spirit and Service

Your Competence is your Super brand. Akumulasi pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan kita akan menghasilkan kompetensi yang keandalannya akan mendapat penghormatan khusus oleh kehidupan. Pertanyaan pentingnya adalah: sejauh mana tabungan kita selama ini dalam mewujudkan akumulasi tersebut? Ada cerita menarik mengenai Pablo Picasso yang disampaikan oleh Robin Sharma, seorang pakar kepemimpinan. Pablo Picasso pernah diminta oleh seseorang untuk melukis masterpiece hanya dalam waktu 3 menit dan ia mampu melakukannya. Saat ditanya bagaimana mungkin ia mampu menghasilkan sebuah karya masterpiece hanya dalam waktu 3 menit?

1Picasso menjawab : Saya memang mampu melukis sebuah masterpiece hanya dalam 3 menit, namun saya membutuhkan waktu 30 tahun sebelum saya akhirnya mampu menghasilkan masterpiece dalam 3 menit. Inilah nilai competence yang sesungguhnya. Nilai competence yang dibangun oleh akumulasi latihan terus menerus selama 30 tahun yang pada akhirnya melahirkan kemampuan melukis kelas dunia yang luar biasa. Nilai competence apa yang saat ini sedang kita bangun dalam diri kita? Anthony Dio Martin, seorang pakar EQ Indonesia pernah mengungkapkan mengenai hukum 10.000 jam, yaitu : dibutuhkan waktu jam terbang sebanyak 10.000 jam sebelum akhirnya seseorang memiliki reputasi keahlian kelas dunia. The Beatles menjadi band legendaris karena sebelum terkenal mereka telah berlatih band sebanyak 10.000 jam. Bagaimana dengan kita? Sudah berapa jam kita habiskan untuk melatih dan memperkuat keahlian khusus kita?

Your Character is your Super brand. Seseorang dengan karakter kuat dan positif akan selalu memberikan dampak yang selalu dikenang oleh banyak orang. Kita tentu masih ingat dengan almarhum Gus Dur. Beliau adalah sosok Guru Bangsa yang meninggalkan warisan nilai-nilai luhur penghormatan terhadap pluralisme dan selalu tampil berani menyuarakan kebenaran. Meski tak lepas dari kesalahan, namun beliau mendapat penghormatan khusus di hati banyak masyarakat Indonesia. Mengapa bisa begitu? Tak lain tak bukan karena beliau memiliki kekuatan Karakter yang dibutuhkan bangsa ini. Inilah bukti nyata perihal kekuatan karakter seorang pribadi yang ceplas ceplos, berani, bersahaja, dan apa adanya 2patriotis, dan pluralis. Karakter adalah kunci kekuatan mendasar bagi kita sebagai pribadi untuk memancarkan tugas-tugas kebaikan yang diamanahkan pada kita. Karakter dibentuk oleh tempaan tanpa henti dari kehidupan. Sepanjang kita senantiasa terbuka dan senantiasa berjuang mengatasi kesulitan maka sepanjang itulah pula karakter kita senantiasa dipoles dan dibentuk menuju kesempurnaannya. So, terbukalah senantiasa pada karunia dan saat menemui masalah, hadapi saja dan katakanlah dengan tegas : Gitu Aja Kok Repot….

Your Spirit is your Super brand. Pernah melihat indahnya kunang-kunang di malam hari? Kunang-kunang yang bercahaya di malam hari ibarat seperti cahaya kecil yang membawa penerangan di situasi yang gelap. Spirit, semangat, gairah, passion yang menonjol dari seorang pribadi juga adalah ibarat cahaya kecil yang membawa penerangan di tengah situasi yang tampak datar dan kering. Salah seorang tokoh Indonesia yang terkenal dengan spirit dan passion-nya adalah Ir. Ciputra. Beliau adalah seorang tokoh entrepreneur nasional yang telah sangat berjasa dalam melahirkan entrepreneur-entrepreneur di Indonesia. Di usia yang ke-75, beliau mendirikan Universitas Ciputra yang fokus untuk melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda Indonesia.

3Di usia senjanya, beliau semakin memancarkan spirit dan passion-nya mengenai entrepreneur yang telah banyak memberikan inspirasi terutama bagi generasi muda. Spirit dan passion seseorang memang tidak dibatasi oleh usia. Spirit seorang pribadi yang  senantiasa dibawa dalam keseharian aktivitas akan menjadi virus positif yang penularannya bahkan tidak disadari oleh orang yang ditularinya. Ingin membawa perubahan yang signifikan bagi orang sekitar? Jadilah pribadi yang ber-spirit dan ber-passionate tinggi, niscaya perubahan akan terjadi !

Your Service is your Super brand. Gajah meninggalkan gading, manusia meninggalkan nama baik. Nama baik terharum yang dapat dikenang oleh orang lain terhadap seorang pribadi tentu adalah mengenai pelayanannya yang pernah diberikannya pada orang lain. Robin Lim adalah seorang bidan asal Arizona, Amerika yang mengabdikan hidupnya di desa ubud, Bali dengan membantu persalinan ibu-ibu warga miskin secara sukarela dan gratis. Robin yang kemudian dikenal sebagai barefoot midwife mempromosikan proses kehamilan yang sehat, persalinan yang alamiah dan nyaman melalui water birth.

4Ia mendapatkan award sebagai Kick Andy’s heroes dan juga CNN heroes. Pelayanannya secara gratis untuk ibu hamil maupun ibu melahirkan dari keluarga miskin telah membantu para ibu mendapatkan pendampingan kesehatan yang layak dan bermartabat. Pelayanan adalah sebuah panggilan bermakna yang membutuhkan kepekaan jiwa untuk bisa menanggapinya. Pelayanan yang sesungguhnya tentu selalu berasal dari hati. So, jagalah kepekaan jiwa dan hati karena tanpanya tidak akan ada pelayanan yang menyentuh kehidupan.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *