Lean Six Sigma Green Belt
Untuk meningkatkan kinerja organisasi, banyak pendekatan sistem manajemen improvement yang diimplementasikan di perusahaan. Namun sering kali hasilnya tidak cukup signifikan dirasakan oleh Top Manajemen terutama dalam aspek finansial. Konsep Lean Six Sigma yang diperkenalkan Motorola terbukti telah menghasilkan banyak kegiatan improvement dengan bottom line/financial benefit yang signifikan bagi perusahaan.
Six Sigma adalah suatu sistem manajemen dan juga metodologi untuk meningkatkan mutu proses dan produk/jasa yang berfokus pada mengurangi variabilitas dan mengeliminasi defect/kesalahan (3.4 defect per Million opportunity) dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve & Control) untuk memuaskan pelanggan. Untuk mendorong terjadinya gerakan Six Sigma Improvement di perusahaan diperlukan personil yang kompeten, di antaranya dibutuhkan seorang Lean Six Sigma Green Belt, yakni seseorang yang memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan membuat solusi high impact project improvement dengan metode Six Sigma dan statistical tools.
Durasi Program
Lima hari (08:00 - 16:30)
Metode Pelatihan
Ceramah, diskusi, studi kasus dan kuis interaktif
Peserta
Manajer, pimpinan dan staf yang berkepentingan dalam menerapkan Sistem Manajemen, Business Process Improvement, Manajemen Operasi di Manufacturing, Mining, Service, dan berbagai industri lainnya.
Program Objectives
- Memahami konsep dasar Six Sigma : Definisi, Prinsip Dasar, Sasaran dan Manfaat
- Memahami peran Green Belt di perusahaan yang menjalankan Six Sigma
- Memahami metode dan kriteria memilih Project Six Sigma
- Memahami konsep dan metode pemecahan masalah dengan DMAIC Cycle
- Mampu melakukan analisa masalah dengan basic Six Sigma statistical tools
- Mampu memimpin dan memfasilitasi Project Six Sigma
Program Outline
- Konsep dasar Six Sigma : Definisi, Prinsip Dasar, Sasaran dan Manfaat
- Peran Six Sigma Green Belt
- Managing Six Sigma Project
- Six Sigma improvement methodology : DMAIC step by step
- Define:
- Identify Project Improvement
- Develop Project Charter
- Define High Level Process Map (SIPOC – Supplier – Input – Process – Output – Customer)
- Identify CTQ – Critical to Quality Project
- Measure:
- Data Collection Plan & Measurement System validation
- Analyze Data Pattern & Determine Process capability
- Analyze:
- Identify List of All Xs
- Prioritize Vital view X’s & Verification – Graphical Analysis & Hypothesis Analysis
- Improve:
- Solution Selection & Improvement Plan
- Implementation & Results Evaluation
- Control:
- Project Evaluation: Processes Parameter (X’s), Output Parameter (Y), Project Benefit
Sustain the Solution: Mistake Proofing, Standardization , Monitoring Plan
- Simulasi Project Improvement dari kasus riil menggunakan DMAIC methodology