Ciri-ciri perusahaan kelas dunia adalah setiap anggota di dalam organisasi harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta mampu menjalankan continuous improvement atau perbaikan berkelanjutan secara konsisten.
Tanggung jawab improvement dibagi menjadi dua, yakni Kaizen yang merupakan perbaikan kecil secara berkesinambungan yang dapat dilakukan oleh seluruh jenjang karyawan dan Innovation atau Breakthrough Kaizen, sebuah terobosan yang memerlukan teknologi atau investasi dengan keputusan oleh Top Management.
Dalam mendorong kegiatan Continuous Improvement, banyak pendekatan yang bisa dilakukan seperti 5R/5S , QCC, Suggestion System, Waste Elimination, dll. Selain pemilihan metode improvement yang sesuai, tidak kalah pentingnya adalah membangun “Buy in” dari seluruh jajaran organisasi terhadap pendekatan improvement yang akan dijalankan.
Salah satu pendekatan yang bisa menunjukkan bahwa improvement mudah dijalankan dan bisa memberikan hasil secara cepat adalah dengan melakukan Kaizen Event (Kaizen Blitz). Kaizen Event/Blitz adalah pendekatan peningkatan sederhana yang dilakukan secara cepat (3-5 hari) dengan berbasis multi-disciplinary team process yang memberikan dampak secara cepat dan terukur bagi organisasi.