Terkadang implementasi Lean pada perusahaan berfokus pada suatu teknik Lean saja dan hasilnya hanya dapat dirasakan secara parsial dan sektoral.
Hal tersebut mengakibatkan penerapan Lean terbatas pada “Island Solutions” yang tidak terintegrasi, tidak selaras dengan tujuan utama perusahaan serta tidak diprioritaskan untuk mengatasi “Pemborosan Besar”.
Value Stream Mapping (VSM) adalah langkah awal yang penting dalam transformasi Lean karena ini menunjukkan posisi perusahaan, dengan memetakan alur informasi
dan barang pada tingkatan proses bisnis untuk menyusun strategi dan sasaran implementasi Lean.
Lebih dari itu, VSM bertujuan untuk membangun “Sense of Urgency” bagi setiap orang di organisasi dan menjadikannya alat komunikasi visual yang efektif (khususnya para
pemimpin perusahaan) dalam menyelaraskan dan memprioritaskan arah improvement sehingga menghasilkan dampak yang signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Program Target
- Memahami pentingnya VSM dalam memanajemen implementasi Lean
- Memahami perbedaan antara VSM dan Process Mapping
- Mampu memetakan Current-State Value Stream (kondisi saat ini
- Mampu menganalisa Current-State Value Stream Map dan menemukan potensi improvement
- Memahami langkah-langkah VSM
- Memahami langkah-langkah VSM
- Mampu menetapkan visi, strategi dan KPI untuk Future-State Value Stream Map
- Mampu menyusun Future-State Value Stream Map (kondisi masa mendatang
- Mampu mengintegrasikan teknik-teknik Lean ke dalam Future-State Value Stream Map
- Mampu menyusun rencana implementasi atau rencana Kaizen untuk mendapatkan hasil yang signifikan
Outline of Value Stream Mapping Training Program
DAY 1
- Lean Thinking
- Konsep Dasar Value Stream Mapping
- Pengembangan VSM dengan saat ini
- Pengembangan VSM dengan case study ACME Stamping
- Current State Map
- Analisa VSM
DAY 2
- Penerapan VSM
- Analisa dan Tahapan VSM-Current State Map
- Teknik Lean untuk meneliminasi Waste
- Pemetaan & langkah-langkah Future State VSM
- Penerapan Future State Map
- Strategi Penerapan Lean
Program Methods
Group Discussion
Quiz
Study Case
Sharing Best Practice
Game Simulation
This Training is Made for:
- Direktur atau Top Management
- Middle dan Frontline Management Team
- Staf yang terlibat dalam improvement