Bagaimana Organisasi menghadapi perubahan?
Sudah menjadi pemahaman umum, bahwa PERUBAHAN dan DISRUPSI telah menjadi fenomena tak terelakkan dalam konteks bisnis dan organisasi. Meski demikian, respon terhadap perubahan seringkali lambat dan tidak efektif; hal mana bisa berakibat fatal bagi organisasi dan kelangsungan bisnis.
Beruntung bahwa pada saat ini sudah banyak ahli maupun praktisi yang meneliti dan berbagi best practices tentang cara menyikapi dan mengelola perubahan secara efektif. Misalnya, pemahaman tentang pola respon manusia umumnya terhadap perubahan, dan bagaimana memfasilitasi agar mereka keluar dari zona nyaman, menerima dan mendukung perubahan.
Hal lain yang tidak kalah pentingnya dan sering diabaikan adalah melakukan persiapan yang memadai sebelum program perubahan digulirkan. Persiapan yang matang akan berperan besar terhadap keberhasilan dalam pelaksanaan program perubahan. Dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menjaga agar perubahan yang sudah dicapai tidak mundur kembali ke pola dan kebiasaan yang lama.
Pelatihan ini memberikan pembekalan praktis tentang fenomena perubahan dan berbagai pendekatan dan teknis mengelolanya. Secara spesifik, terdapat pula panduan bagaimana memperkuat kemampuan menjalankan peran sebagai Change Leader maupun peran Change Agent.
Sasaran Program
- Memperkuat kesadaran pentingnya perubahan dalam organisasi
- Memahami faktor penentu keberhasilan dan kegagalan perubahan
- Mengidentifikasi tahapan pengelolaan perubahan
- Mengidentifikasi kesiapan organisasi untuk berubah
- Memahami langkah-langkah yang efektif dalam mengelola perubahan
- Memperkuat kemampuan menjalankan peran sebagai Pemimpin Perubahan (Change Leader)
- Mengidentifikasi dan memperkuat kemampuan menjalankan peran sebagai Fasilitator Perubahan (Change Agent)
Garis Besar Program
- Perubahan sebagai fenomena tak terelakkan di abad 21
- People Side in Change Management
- Change Management Team
- Tiga tahapan perubahan
- Tahap persiapan: Change Charter, Change Impact Analysis, melibatkan Stakeholder
- Tahap eksekusi: ADKAR model
- Tahap memelihara perubahan
Metode Program
- Interactive Lecture
- Worksheet and Group Discussion
- Interactive Quiz, Live Q&A
Target Peserta :
Top Management, Manajer atau pemimpin yang bertanggungjawab terhadap keberhasilan dan keberlanjutan perubahan perusahaan.
DAS/11.JUL.23/JY