Seringkali muncul keluhan dari pimpinan perusahaan bahwa program pelatihan tidak banyak memberi dampak terhadap perbaikan di tempat kerja. Untuk meningkatkan kontribusi pelatihan terhadap perbaikan kinerja, perlu dilakukan pendekatan sistematis dan berkesinambungan mulai dari analisa kebutuhan, perancangan dan pengembangan program, pelaksanaan sampai evaluasi pelatihan.
Tahap perancangan dan pengembangan program merupakan tahap yang menentukan, karena mengintegrasikan kebutuhan peserta dengan materi dan metode yang akan dipakai dalam pelatihan.
Program ini membekali peserta dengan proses dan teknik perancangan dan pengembangan program pelatihan yang sistematis, sekaligus berdaya impact tinggi karena :
- berlandaskan analisis kebutuhan yang sistematis dan seksama (mengidentifikasi sumber/akar masalah dan gap pada faktor manusia maupun lingkungan)
- mengidentifikasi variasi metode yang cocok dengan kebutuhan pembelajaran, termasuk metode digital yang lebih variatif dan menarik
- Mencakup pula rancangan kegiatan pasca pelatihan, untuk membantu peserta menerapkan materi pembelajaran di tempat kerja
Sasaran Program
- Mampu menggunakan sistematika BADDIE (Business-Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation), sebagai kerangka merancang dan mengembangkan program pelatihan
- Mampu memformulasikan Sasaran Pelatihan (Training Objectives), sebagai acuan dalam mengembangkan konten program Pelatihan
- Mampu menyusun Rencana Pengajaran (Lesson Plan) sebagai pedoman dalam pengembangan isi, metode, durasi pelatihan
- Mampu menyusun rancangan kegiatan pasca pelatihan
Garis Besar Program
- Kerangka BADDIE untuk merancang program pelatihan
- Masukan Desain: Analisis Kebutuhan Pelatihan
- Perumusan Sasaran Pelatihan
- Pemanfaatan Sasaran Pelatihan dalam Merancang pelatihan
- Pengembangan isi dan metode pelatihan
- Pemanfaatan digitalisasi program pelatihan
- Rancangan aktivitas pasca pelatihan
- Contoh-contoh dan latihan merancang program pelatihan
IR/16/APR/20/AD