Business Process Improvement (BPI) senantiasa hangat dibicarakan di kalangan bisnis sebagai pendekatan yang ampuh untuk meningkatkan daya saing, mendongkrak efisiensi serta produktivitas; dan bahkan diyakini sebagai “mantra” untuk bertahan dalam persaingan global.
Namun tanpa pemahaman yang memadai mengenai konsep proses bisnis, mengenali proses kita sendiri beserta permasalahannya, dan metodologi untuk mengembangkan model proses bisnis dengan baik , mustahil bagi kita untuk dapat memanfaatkan proses bisnis sebagai senjata yang strategis dalam persaingan.
Untuk itu, program BPI ini dirancang secara sistematik untuk membantu meletakkan dasar-dasar konsep proses bisnis dalam manajemen organisasi, membantu peserta workshop untuk berpikir secara proses, mampu memahami prinsip-prinsip dan metodologi melakukan “process improvement”, serta langkah-langkah dalam penerapan BPI yang telah teruji.
Sasaran Program:
- Berpikir dan bertindak secara “proses”
- Menguasai metodologi dan tools dalam penerapan BPI
- Menguasai langkah-langkah penerapan BPI
- Mampu melakukan BPI
Garis Besar Program:
- Organisasi sebagai rangkaian proses kerja
- Mapping Process
- Siklus PDCA dalam proses
- Konsep dasar dan alat untuk Re-organisasi proses (Streamlining Process)
- Business Process Analysis
- Process Measurement
- Rencana Tindak Lanjut dan Diskusi
- Strategi Implementasi BPR/BPI di organisasi
- Studi Kasus : Kisah sukses dan kegagalan dalam penerapan BPI
YW/08/APR/20/AD