TQM adalah kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis oleh seluruh anggota organisasi untuk mencapai sasaran organisasi secara efektif dan efisien dalam menyediakan produk dan pelayanan yang memuaskan pelanggan pada waktu dan harga yang tepat (JUSE’s Definition of TQM October 2009).
Sasaran akhir dari penerapan TQM adalah ”setiap orang melakukan improvement pada setiap proses setiap hari” sehingga kualitas akan cenderung terus meningkat dengan biaya semakin berkurang. Dengan demikian, TQM merupakan pendekatan manajemen yang paling mendasar untuk meningkatkan daya saing. Untuk itu diperlukan suatu sistem untuk memanajemeni improvement dan membangun budaya mutu di perusahaan.
TQM tidak hanya memastikan mutu produk atau terealisasinya gerakan improvement seperti QCC (Quality Control Circle) atau pemberdayaan karyawan untuk melakukan improvement lainnya, namun harus terukur dari keberhasilan organisasi dalam mencapai keberlangsungan bisnis jangka panjang.
Sasaran Program:
- Memahami Konsep Total Quality Management (TQM) dan Falsafah Kaizen
- Memahami Elemen-elemen Sistem TQM
- Memahami Budaya Mutu (Basic Mental for Quality)
- Memahami Peran Manajemen Puncak dalam membangun budaya Continuous Improvement
- Memahami Strategi Implementasi TQM di Perusahaan
- Memahami cara mengevaluasi efektifitas keberhasilan TQM bagi peningkatan kinerja bisnis
Garis Besar Program:
- Penetapan tujuan dan strategi bisnis berorientasi pelanggan yang proaktif
- Budaya Mutu (Basic Mental for Quality)
- Sistem TQM untuk merealisasikan tujuan dan strategi bisnis
- Peran manajemen puncak dalam penerapan TQM
- Strategi Implementasi TQM di Perusahaan
- Evaluasi Pencapaian tujuan dan strategi bisnis dari penerapan TQM
NN/29/MR/20/AH