Ensuring and Evaluating Training Effectiveness

Download

Saat ini kegiatan pelatihan telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membangun kompetensi organisasi untuk memenangkan persaingan yang semakin tajam dan ketat.

Namun pada kenyataannya, tidak semua pelatihan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kinerja karyawan dan produktivitas organisasi. Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa hanya sekitar 10-20% saja pelatihan yang terbukti efektif menghasilkan perubahan dan peningkatan prestasi kerja. Hal ini disebabkan karena banyak organisasi tidak memiliki sistem untuk mendorong dan mensupport penerapan pelatihan yang telah diberikan. Akibatnya, banyak program pelatihan yang berlangsung meriah dan disukai peserta, menjadi menguap dan mubazir karena tidak jelas bagaimana penerapannya secara konkrit dan konsisten di tempat kerja.

Pengelola Pelatihan dan Pembelajaran perlu menyadari, ada dua hal esensial yang harus dilakukan agar program pelatihan memberi manfaat yang diharapkan :

Pertama, memfasilitasi terjadinya penerapan materi pasca pelatihan, di tempat kerja. Rancangan program pelatihan yang lengkap haruslah mencakup materi dan metode pembelajaran, serta aktivitas penerapan pasca pelatihan. Pengelola Pelatihan perlu memastikan aktivitas pasca pelatihan ini berjalan dengan efektif.

Kedua, melakukan evaluasi dengan alat-ukur yang reliabel untuk mengetahui diperoleh-tidaknya manfaat dari program pelatihan. Dari Donald Kirkpatrick dan Jack Phillips – dua ahli pengukuran evaluasi pelatihan, kita mengenal ada 5 tingkatan model evaluasi pelatihan, mulai dari mengevaluasi proses pelatihan itu sendiri, apakah telah berjalan sesuai dengan rancangan setelah diterima dengan baik oleh peserta. Setelah itu kita perlu mengevaluasi hasil pelatihan itu sendiri, mulai dari hasil belajar peserta, kemudian penerapan di tempat kerja, selanjutnya manfaat yang diperoleh organisasi, sampai (bilamana perlu) nilai uang dari manfaat yang diperoleh organisasi.

Seorang pengelola training dituntut untuk mampu menyusun instrumen evaluasi pelatihan, melakukan pengukuran efektivitas pelatihan, serta mengidentifikasi faktor-faktor penunjang maupun penghambat keberhasilan Pelatihan.

 

Sasaran Program

  • Memahami keterkaitan antara evaluasi pelatihan dengan identifikasi kebutuhan, persiapan, dan pelaksanaan training
  • Mengidentifikasi pentingnya aktivitas penerapan pasca pelatihan, dalam menghasilkan pelatihan yang efektif
  • Memahami konsep, prinsip dan teknik pelaksanaan 5 tingkatan evaluasi pelatihan
  • Mampu memilih tingkatan evaluasi pelatihan sesuai kondisi dan kebutuhan di tempat kerja

 

Garis Besar Program

  • Keterkaitan antara evaluasi pelatihan dengan identifikasi kebutuhan, persiapan, dan pelaksanaan training
  • Berbagai aktivitas penerapan pasca pelatihan
  • Lima tingkatan evaluasi pelatihan : Reaction- Learning- Behavior-Results-ROI
  • Faktor-faktor penunjang dan penghambat keberhasilan program pelatihan dan pembelajaran
  • Penyusunan instrumen evaluasi pelatihan

 

 

IR/16/APR/20/AD

Need expert in Training Effectiveness Evaluation? The most qualified professionals at your service!