Training Needs Analysis: Identifying Learning Programs that support Business Performance

Download

Abad 21 ditandai dengan kemajuan pesat teknologi informasi dan otomatisasi, tetapi juga diimbangi dengan semakin kompleksnya permasalahan dan tantangan yang dihadapi.  Organisasi perlu memiliki sumber daya manusia yang handal, dan mereka perlu terus di upgrade kapabilitasnya sehingga dapat bersinergi menunjang performa organisasi. Menghadapi situasi demikian, maka program pelatihan dan pengembangan apa yang perlu dijalankan ?  

Banyak sekali program pelatihan dan pengembangan yang dapat dijalankan, dan memang banyak hal yang perlu dikembangkan dari karyawan. Karena itu Pengelola Pelatihan perlu jeli mengidentifikasi dan kemudian menjalankan program-program yang bernilai tambah besar bagi Organisasi. Kita beruntung, para pegiat Learning and Performance telah menyediakan alat-bantu sederhana tetapi powerful yaitu “Learning-to-Performance Map”.  

Pertama, alat ini secara sistematis menuntun kita untuk mengaitkan identifikasi kebutuhan pelatihan ini dengan Sasaran dan Target Organisasi. Bahwa tujuan program yang kita identifikasi dan siapkan, lebih dari sekedar untuk membuat karyawan menjadi semakin pintar dan terampil. Kedua, alat ini mengingatkan untuk tidak ‘lompat’ (jump to conclusion) dengan tergesa menentukan topik pelatihan, sebelum menganalisis akar permasalahan. Ketiga,  sangat bermanfaat untuk memetakan upaya yang bersifat perbaikan pada diri karyawan (pelatihan/ pembelajaran) maupun upaya pendukung pada lingkungan (non-pelatihan). Seperti sering kita alami, solusi masalah biasanya berupa kombinasi perbaikan pada karyawan maupun lingkungan kerjanya.

Analisis kebutuhan (Needs Analysis) merupakan langkah awal yang menjadi penentu efektivitas dari rangkaian langkah pengelolaan Pelatihan dan Pembelajaran. Analisis yang sistematis dan seksama, akan menghasilkan identifikasi yang tajam sekaligus selaras dengan kebutuhan Organisasi. Juga akan memberi pedoman kisi-kisi dan konten program yang relevan sehingga perancangan dan penyajiannya lebih terarah. Dan sekaligus memberi arahan, variabel apa yang nantinya akan menjadi indikator dalam mengevaluasi efektivitas program pelatihan tersebut.

Sasaran Program

  • Memahami proses pengelolaan pelatihan yang efektif menggunakan sistematika BADDIE
  • Mampu menggunakan “Learning-to-Performance Map” untuk identifikasi kebutuhan pelatihan yang terkait dengan pencapaian sasaran bisnis organisasi
  • Mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan sesuai kebutuhan kompetensi jabatan
  • Memahami keterkaitan identifikasi kebutuhan pelatihan dengan perancangan maupun evaluasi efektivitas pelatihan
  • Mengoptimalkan anggaran pelatihan melalui seleksi prioritas dan pelaksanaan aktivitas pembelajaran alternatif.

 

Garis besar Program

  • Sistematika BADDIE dalam pengelolaan pelatihan
  • Penggunaan “Learning-to-Performance Map
  • Hubungan pelatihan dan pencapaian sasaran bisnis
  • Identifikasi kebutuhan bisnis/organisasi
  • Identifikasi performance atau perilaku kerja
  • Metode-metode dalam mengidentifikasi Kebutuhan
  • Identifikasi solusi:
    • Kebutuhan Pembelajaran
    • Modifikasi kebutuhan lingkungan kerja
  • Kaitan Analisa Kebutuhan Pembelajaran dan Perancangan Pelatihan.
  • Kaitan Analisa Kebutuhan Pembelajaran dan Evaluasi Pelatihan
  • Optimalisasi Anggaran Pembelajaran

 

 

IR/16/APR/20/AD

Need expert in Training Needs Analysis? The most qualified professionals at your service!