Effective Interpersonal Communication Skills

Banyak masalah di dalam organisasi yang berawal dari tidak efektifnya komunikasi antar individu. Hal yang paling umum terjadi adalah miskomunikasi yang dapat berakibat fatal bagi organisasi. Untuk itu penting bagi tiap individu dalam organisasi memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.

Seorang komunikator yang baik akan mampu menjalin relasi interpersonal, baik di dalam timnya maupun dalam hubungan yang lebih luas di organisasi. Misalnya, bagaimana menjadi pendengar aktif dalam setiap interaksi yang ada, mengetahui kapan dan bagaimana cara yang tepat dalam bersikap assertive, dan bagaimana menjaga hubungan dalam berbagai situasi konflik yang dihadapi. 

Komunikasi interpersonal yang dikembangkan dengan baik akan mampu membangun tim yang sinergis di dalam perusahaan.

Program Objectives

  • Memahami konsep dasar dari Interpersonal Communication Skills
  • Memahami efektivitas komunikasi verbal dan non verbal dalam interpersonal communication
  • Memahami tipe-tipe komunikasi dalam organisasi dan metode yang digunakan dalam komunikasi serta etika berkomunikasi di tempat kerja
  • Menerapkan Active Listening Skill dalam upaya memahami pesan partner komunikasi
  • Membangun komunikasi asertif yang tepat digunakan dalam komunikasi sehari-hari
  • Memahami pengelolaan diri terhadap konflik dalam perihal Interpersonal communication

Program Outline

  • Hambatan dalam berkomunikasi
  • Interpersonal communication
  • Keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal
  • Organization communication: komunikasi formal, informal dan kode etik komunikasi
  • Active listening
  • Assertiveness: komunikasi autentik, PRES model
  • Conflict management: gaya konflik, negosiasi, I- statement

Improve communication skills and connect better with others​

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.