Untuk mengukur kinerjanya, hampir setiap perusahaan sudah mempunyai Key Performance Indicators (KPI)-nya, baik di tingkat Corporate, Divisi, Department hingga level Individu, Namun, KPI tersebut seringkali lebih ditujukan untuk mengendalikan kegiatan operasional sehari-hari dan belum mencerminkan ukuran keberhasilan yang dibutuhkan untuk menjawab tuntutan bisnis di masa mendatang atau tidak selaras dengan strategi bisnis
Oleh karena itu, tak heran bila strategi yang dicanangkan oleh Manajemen Puncak jarang yang berhasil dilaksanakan di lapangan. Bahkan, menurut majalah Fortune “hanya kurang dari 10% strategi bisnis berhasil diimplementasikan secara efektif”. Hal ini bukan disebabkan karena strategi yang salah, tetapi karena implementasinya yang tidak efektif.
Dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin turbulen dan disruptif ini, setiap perusahaan perlu memiliki suatu “mekanisme” yang mampu menerjemahkan strategi bisnis menjadi berbagai KPI yang dibutuhkan untuk mengantisipasi perubahan di masa mendatang.
Balanced Scorecard (BSC) adalah suatu mekanisme yang telah terbukti ampuh untuk mengimplementasikan visi dan strategi bisnis. BSC akan meningkatkan kinerja perusahaan serta kepuasan pelanggan, memperbaiki proses kerja dan merubah perilaku serta meningkatkan kompetensi anggota organisasinya sesuai yang dicanangkan dalam strategi perusahaan.
Sasaran Program
- Memahami dasar-dasar Strategic Thinking
- Memahami cara mengembangkan Corporate Strategy
- Mampu mengembangkan Strategy Map
- Mampu menyusun Corporate Scorecard
- Mampu menjabarkan Corporate Scorecard menjadi KPI Departemen
- Memahami proses komunikasi strategi ke seluruh anggota organisasi
- Memahami cara membangun sistem evaluasi pencapaian Corporate Strategy
Garis Besar Program
- Berpikir Strategik: Apa dan Mengapa?
- Perencanaan Strategik:
- Review Visi, Misi, Value
- Strategic Analysis
- Transformation (From – To) Analysis
- Strategy Statement
- Balanced Scorecard: Apa dan Mengapa?
- Memanfaatkan Balanced Scorecard untuk merealisasikan strategi perusahaan menjadi kenyataan:
- Penyusunan Strategy Map
- Penyusunan Corporate Scorecard
- Menjabarkan Corporate Scorecard
- Vertical dan Horizontal Alignment
- Mengkomunikasikan & Monitoring Pencapaian BSC
- Mengevaluasi & memonitor Pencapaian BSC
NN.SI/31.MR.20/AH