Ketatnya persaingan, membuat pelanggan semakin banyak pilihan dalam menggunakan suatu produk dan pelayanannya, membuat perusahaan harus mencari cara agar pelanggan selalu merasa diperlakukan khusus secara istimewa atau lebih spesial dari pelanggan yang lain.
Untuk itu diperlukan sistem yang mengelola hubungan dengan pelanggan dengan membangun Customer Relationship Management (CRM).
Customer Relationship Management (CRM) adalah proses dinamis dalam memanajemeni hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, melalui serangkaian kegiatan pokok yaitu:
Melalui CRM, perusahaan dapat mengoptimalkan upayanya dalam memberikan produk dan layanan yang prima, sambil membina hubungan jangka panjang dengan para pelanggannya. Selain itu, dengan kemampuan memanajemeni hubungan/relasi dengan para pelanggan, perusahaan secara berkesinambungan dapat membangun loyalitas para pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja bisnis dan pertumbuhan perusahaan.
1 hari (08:00 - 16:30)
Ceramah, diskusi, dan latihan
Manajer Pemasaran, Operasi, Pelayanan dan area lain yang bertanggung jawab terhadap pembinaan/manajemen hubungan pelanggan