Customer Relationship Management (CRM)

Ketatnya persaingan, membuat pelanggan semakin banyak pilihan dalam menggunakan suatu produk dan pelayanannya, membuat perusahaan harus mencari cara agar pelanggan selalu merasa diperlakukan khusus secara istimewa atau lebih spesial dari pelanggan yang lain.

Untuk itu diperlukan sistem yang mengelola hubungan dengan pelanggan dengan membangun Customer Relationship Management (CRM).

Customer Relationship Management (CRM) adalah proses dinamis dalam memanajemeni hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, melalui serangkaian kegiatan pokok yaitu:

  • Identification: Menemukan pelanggan melalui berbagai sumber informasi
  • Dierentiation: Membedakan para pelanggan berdasarkan kebutuhan dan keinginan
  • Interaction: Membangun hubungan melalui berbagai cara dan kesempatan
  • Customization: Menyesuaikan bentuk layanan yang “khusus” untuk setiap pelanggan.

Melalui CRM, perusahaan dapat mengoptimalkan upayanya dalam memberikan produk dan layanan yang prima, sambil membina hubungan jangka panjang dengan para pelanggannya. Selain itu, dengan kemampuan memanajemeni hubungan/relasi dengan para pelanggan, perusahaan secara berkesinambungan dapat membangun loyalitas para pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja bisnis dan pertumbuhan perusahaan.

Durasi Program

1 hari (08:00 - 16:30)

Metode Pelatihan

Ceramah, diskusi, dan latihan

Peserta

Manajer Pemasaran, Operasi, Pelayanan dan area lain yang bertanggung jawab terhadap pembinaan/manajemen hubungan pelanggan

Program Objectives

  • Memahami konsep dan proses CRM, serta kaitannya dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan
  • Memahami langkah-langkah CRM, dimulai dari Identification, Dierentiation, Interaction, dan Customization (I-D-I-C)
  • Memahami peran Teknologi di dalam mengimplementasikan CRM di perusahaan 

Program Outline

  • Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
  • Konsep TRUST dalam mencapai loyalitas
  • CRM: Latar Belakang, Defenisi, dan Sasaran
  • Proses CRM: I-D-I-C (Identification, Differentiation, Interaction, dan Customization)
  • Strategi  dan Langkah Implementasi CRM di Perusahaan

Boost customer loyalty with proven CRM techniques​

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.