Apa itu Customer Relationship Management (CRM)?
Customer Relationship Management (CRM) dikenal sebagai sebuah pendekatan atau sistem yang komprehensif untuk menciptakan, memelihara dan memperluas hubungan yang saling menguntungkan dengan customer. CRM juga didefinisikan sebagai sebuah Strategi, Taktik, Praktik hingga Teknologi yang digunakan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang menghasilkan database atau informasi untuk memfasilitasi bisnis dalam memperoleh insight untuk memuaskan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari implementasi CRM di perusahaan diantaranya:
- Memperoleh customer baru, menambah nilai dari customer & mempertahankan customer yang sudah dimiliki
- Meningkatkan efisiensi operasional kerja & mengurangi biaya
- Meningkatkan time to market dan memperoleh pendapatan secara optimal, dst.
Namun demikian banyak pula tantangan yang dihadapi perusahaan dalam mengimplementasikan CRM seperti: Strategi CRM yang tidak tepat, kurangnya partisipasi karyawan, kurangnya dukungan manajemen, waktu dan biaya, hingga sistem CRM yang tidak sesuai dengan harapan atau kebutuhan.
Lantas bagaimana solusinya?
Training Effective Customer Relationship Management (CRM) ini kami hadirkan untuk untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan menyajikan informasi, strategi dan taktik yang praktis dan relevan untuk dapat diimplementasikan di organisasi Anda.
Manfaat Program
- Memahami CRM secara menyeluruh – sebagai sebuah strategi dan sistem atau aplikasi (tools)
- Memahami profil customer dan mengelola customer berdasarkan profilnya
- Mendesain strategi CRM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
- Mengoptimalkan penggunaan aplikasi CRM di perusahaan
- Mengevaluasi strategi CRM perusahaan
Target Peserta
Lini manager atau pimpinan perusahaan yang ingin membangun strategi dan system pengelolaan hubungan dengan customer secara efektif untuk pencapaian tujuan perusahaan dan bisnis yang menguntungkan secara berkelanjutan.