Perubahan lingkungan bisnis yang cepat berdampak pada perubahan perilaku dan harapan pelanggan. Kecepatan perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan yang semakin meningkat menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan perusahaan di mata pelanggan.
Namun, apakah hal itu cukup untuk menjawab kepuasan pelanggan? Bagaimana persepsi pelanggan terhadap perusahaan? Apa kesulitan yang dialami atau dirasakan pelanggan selama berhubungan dengan perusahaan?
Informasi mengenai kepuasan atau persepsi suara pelanggan ini merupakan masukan penting dalam menyusun strategi peningkatan kualitas produk dan pelayanan di masa depan. Perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, hendaknya secara berkala melakukan Customer Satisfaction Survey untuk mengetahui seberapa baik perusahaan dalam memberikan produk/pelayanan kepada pelanggan, serta menggali berbagai aspek yang diprioritaskan/diharapkan oleh pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan.
Customer Satisfaction Survey akan mendeteksi secara dini kebutuhan dan harapan pelanggan di masa mendatang, serta mengantisipasinya dengan merekomendasikan program perbaikan/improvement berdasarkan hasil survei.
Dua hari (08:00 - 16:30)
Presentasi bahan, diskusi, latihan & simulasi komputer, evaluasi dan rencana implementasi
Quality Assurance, Customer Service, Marketing, Production, dan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan