Customer Satisfaction Survey

Perubahan lingkungan bisnis yang cepat berdampak pada perubahan perilaku dan harapan pelanggan. Kecepatan perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan yang semakin meningkat menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan perusahaan di mata pelanggan. 

Namun, apakah hal itu cukup untuk menjawab kepuasan pelanggan? Bagaimana persepsi pelanggan terhadap perusahaan? Apa kesulitan yang dialami atau dirasakan pelanggan selama berhubungan dengan perusahaan? 

Informasi mengenai kepuasan atau persepsi suara pelanggan ini merupakan masukan penting dalam menyusun strategi peningkatan kualitas produk dan pelayanan di masa depan. Perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, hendaknya secara berkala melakukan Customer Satisfaction Survey untuk mengetahui seberapa baik perusahaan dalam memberikan produk/pelayanan kepada pelanggan, serta menggali berbagai aspek yang diprioritaskan/diharapkan oleh pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan. 

Customer Satisfaction Survey akan mendeteksi secara dini kebutuhan dan harapan pelanggan di masa mendatang, serta mengantisipasinya dengan merekomendasikan program perbaikan/improvement berdasarkan hasil survei. 

Durasi Program

Dua hari (08:00 - 16:30)

Metode Pelatihan

Presentasi bahan, diskusi, latihan & simulasi komputer, evaluasi dan rencana implementasi

Peserta

Quality Assurance, Customer Service, Marketing, Production, dan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan

Program Objectives

  • Memahami konsep dasar kepuasan pelanggan dan perlunya melakukan pengukuran kepuasan pelanggan
  • Memahami tahap-tahapan inti di dalam pengukuran kepuasan pelanggan
  • Mampu menetapkan sampel responden, mendesain  kuesioner, mengelola pelaksanaan survei, menganalisis dan menginterpretasikan data, hingga menyusun strategi improvement.
  • Mampu membuat laporan Hasil Survei dan Rekomendasi Tindak Lanjut Hasil Survei

Program Outline

  • Konsep dasar Pengukuran kepuasan Pelanggan 
  • Menetapkan sasaran survei
  • Menetapkan lingkup survei ( incl. Teknik Sampling)
  • Methodology Survey (incl. Penggunaan IT dalam survey)
  • Mendesain Kuesioner Survey:
    • Identifikasi Moment of Truth
    • Dimensi Kepuasan Produk dan Pelayanan
    • Mendesain Kuesioner dan Pengujiannya
  • Pelaksanaan Survey (Sosialisasi & Follow up survey)
  • Analisa dan Interpretasi data hasil survey :
    • Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI);  
    • Customer Loyalty Index;  
    • Customer Satisfaction Map, Customer Typology
    • Qualitative Analysis
    • Priority for Improve
  • Strategi Improvement dan Action Plan tindak lanjut hasil Survey

Enhance customer satisfaction by leveraging actionable insights to achieve real results​

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.