Agar suatu produk (barang dan jasa) dapat sukses di pasar, perusahaan harus mendesain produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Berbagai riset dan survei dilakukan untuk mengetahui apa sebenarnya kebutuhan dan keinginan pelanggan. Namun, riset tersebut akan menjadi percuma bila tidak diimbangi dengan kecepatan merealisasikan produk sesuai yang diinginkan pasar.
Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu metode untuk membuat perencanaan/desain produk (barang/jasa) dan pengembangannya, yang secara sistematis dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen serta kemampuan teknis perusahaan, sekaligus mengevaluasi usaha-usaha untuk mencapai tujuan tersebut.
Dengan melakukan QFD secara tepat, maka perusahaan akan dapat memberikan produk yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan, sehingga tercapai keseimbangan produk dari segi efektifitas (manfaat) dan efisiensi (biaya, tenaga dan waktu).