Apa yang dimaksud dengan Interpersonal Communication Skills?
Banyak masalah di dalam organisasi yang berawal dari tidak efektifnya komunikasi antar individu. Hal yang paling umum terjadi adalah miskomunikasi yang dapat berakibat fatal bagi organisasi. Untuk itu penting bagi organisasi untuk memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.
Seorang komunikator yang baik akan mampu menjalin relasi interpersonal, baik di dalam timnya maupun dalam hubungan yang lebih luas di organisasi, diantaranya adalah bagaimana ia menjadi pendengar aktif dalam setiap interaksi yang ada, mengetahui kapan dan bagaimana cara yang tepat dalam bersikap asertif dan bagaimana menjaga hubungan dalam berbagai situasi konflik yang dihadapi.
Komunikasi interpersonal yang dikembangkan dengan baik akan mampu membangun tim yang sinergis di dalam perusahaan.
Sasaran Program
- Memahami konsep dasar dari Interpersonal Communication Skills
- Memahami efektivitas komunikasi verbal dan non verbal dalam interpersonal communication
- Memahami tipe-tipe komunikasi dalam organisasi dan metode yang digunakan dalam komunikasi serta Etika berkomunikasi di tempat kerja
- Menerapkan Active Listening Skill dalam upaya memahami pesan partner komunikasi
- Membangun komunikasi asertif yang tepat digunakan dalam komunikasi sehari-hari
- Memahami pengelolaan diri terhadap konflik dalam perihal Interpersonal communication
Garis Besar Program
- Hambatan dalam berkomunikasi
- Interpersonal communication
- Keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal
- Organization communication: komunikasi formal, informal dan kode etik komunikasi
- Active listening
- Assertiveness: komunikasi autentik, PRES model
- Conflict management: gaya konflik, negosiasi, i statement
DAS/16/APR/20/AD