Employee Opinion Survey

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan ujung tombak dari perusahaan. Inovasi dari karyawan sangat dibutuhkan dalam kegiatan operasional bisnis. Untuk itu, rasa nyaman harus dibentuk agar karyawan dapat lebih produktif dan penuh motivasi untuk maju. 

Banyak upaya dilakukan perusahaan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi kerja karyawan, namun masih ada yang kurang menyadari bahwa kadangkala kebijakan terkait SDM kurang tepat sasaran yang menjadi counterproductive. Hal ini disebabkan karena keputusan dibuat tanpa didasari dengan data yang akurat.

Salah satu cara untuk mengetahui pandangan serta pendapat karyawan adalah melaksanakan Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey). Survei ini merupakan proses untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dari karyawan mengenai kebutuhan, keinginan, persepsi, pendapat, hingga kepuasan pelayanan internal.  

Survei ini merupakan deteksi dini terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dan sebagai bentuk dari partisipasi manajemen yang aktif. Dengan informasi yang diperoleh melalui survei tersebut, manajemen dapat secara proaktif menyusun program-program pengembangan organisasi guna meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan serta menghilangkan faktor-faktor yang menurunkan motivasi.

Durasi Program

Dua hari (08:00 - 16:30)

Metode Pelatihan

Ceramah, diskusi, latihan, simulasi analisis komputer (Microsoft Excel & SPSS), evaluasi dan rencana implementasi

Peserta

Manajer HRD, Human Capital, Personalia atau Employee Relations dan pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pengukuran kepuasan karyawan

Program Objectives

  • Memahami jenis-jenis survei karyawan
  • Memahami langkah-langkah dalam melakukan survei opini karyawan (PDCA-IDA)
  • Mampu mendesain survei opini karyawan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan
  • Mampu menganalisa hasil survey dengan teknik statistik yang sesuai 
  • Mampu memanfaatkan data hasil survei opini karyawan dan merekomendasikan tindakan  perbaikan untuk mendorong peningkatan motivasi dan kinerja karyawan

Program Outline

  • Pengaruh kepuasan karyawan terhadap peningkatan kinerja organisasi
  • Survei Karyawan: Definisi, Latar Belakang,Jenis dan Manfaat
  • Langkah Survei Opini Karyawan: PDCA – IDA :
    • Pooling: Menentukan Sasaran Survei Opini Karyawan dan menggalang komitmen
    • Developing: Mengembangkan alat ukur dan pengujiannya
    • Communicating: Mengkomunikasikan / Sosialisasi survei
    • Administering: Melaksanakan Survei
    • Interpreting: Input, Analisis dan Interpretasi Data
    • Delivering: Mempresentasikan hasil survei dan prioritas peningkatan / perbaikan
    • Action Planning: Merencanakan pelaksanaan tindakan  peningkatan / perbaikan

Gain insights from your workforce to build a stronger, more engaged organization​

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Submit your credentials

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.