Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey)
Perubahan-perubahan lingkungan bisnis yang terjadi secara cepat dalam beberapa waktu terakhir, serta adanya pandemic, mempengaruhi cara karyawan bekerja, dimana karyawan karyawan dituntut bekerja secara cepat, flexible , tanpa ada batasan jam kerja untuk mengakomodir tuntutan pekerjaan dan customer yang semakin meningkat
Tidak semua karyawan mampu menyesuaikan diri dengan irama kerja tersebut, sehingga bisa berpotensi timbulnya rasa frustasi, menurunnya kinerja yang mungkin tidak cukup disadari oleh Manajemen. Kebijakan perusahaan yang terkait sumber daya manusia belum memperhatikan aspek-aspek tersebut, sehingga kebijakan yang diambil tidak tepat sasaran atau malah menjadi counterproductive.
Salah satu cara untuk mengetahui pandangan serta pendapat karyawan adalah melaksanakan Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey). Survei ini merupakan proses untuk mendapatkan umpan balik yang jujur dari karyawan mengenai kebutuhan, keinginan, persepsi/pendapat karyawan, mengenai hal-hal yang terkait dengan kepuasan karyawan, engagement, komitmen, pelayanan internal lainnya
Survei ini sebagai tools deteksi dini terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dan merupakan salah satu bentuk manajemen partisipatif. Dengan informasi yang diperoleh melalui survei tersebut, manajemen dapat secara proaktif menyusun program-program pengembangan organisasi guna meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan serta menghilangkan faktor-faktor yang menjadi kendala.
Sasaran Program
- Memahami jenis-jenis survei karyawan dan kegunaannya
- Memahami langkah-langkah dalam melakukan survei opini karyawan
- Mampu mendesain survei opini karyawan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan
- Mampu menganalisa hasil survey dengan teknik statistik yang sesuai
- Mampu memanfaatkan data hasil survei opini karyawan dan merekomendasikan tindakan perbaikan untuk mendorong peningkatan motivasi dan kinerja karyawan
Garis Besar Program
- Pengaruh kepuasan karyawan terhadap peningkatan kinerja organisasi
- Survei Karyawan: Definisi, Latar Belakang, Jenis, dan Manfaat
- Langkah Survei Opini Karyawan dengan kerangka PDCA – IDA:
Pooling : Menentukan sasaran survei opini karyawan dan menggalang komitmen
Developing : Mengembangkan alat ukur dan pengujiannya
Communicating : Mengkomunikasikan / sosialisasi survei
Administering : Menentukan responden, metode survei serta, dan melaksanakan survei
Interpreting : Menganalisis dan interpretasi data hasil survei
Delivering : Mempresentasikan hasil survei dan prioritas peningkatan / perbaikan
Action Planning : Merencanakan pelaksanaan tindakan peningkatan / perbaikan
Metode Program
Ceramah interaktif, Q&A, Latihan melakukan Survei Opini Karyawan (Mendesain Pertanyaan Survei, Analisa data s/d Penyusunan Laporan Hasil Survei beserta Rekomendasi Tindak Lanjut Hasil Survei)
Target Peserta :
Manager Human Capital Development, Manager Industrial Relation
NN/07.JUL.23/JY