Understanding and Implementing IT Service Management System (ISO 20000-1:2018)

Informasi dan teknologi (IT) sangat berpegaruh di era digital. Proses organisasi pun kini telah bergantung pada IT, mulai dari proses utama (core process) dan proses pendukung (support process). Oleh karena itu, implementasi layanan IT (IT Service Management System) memerlukan dukungan dari segenap pihak untuk memberikan layanan terbaik.

ISO / IEC 20000 adalah standar internasional pertama untuk IT Service Management dikembangkan pada tahun 2005 oleh ISO / IEC JTC1 / SC7 dan direvisi pada 2011 dan 2018. 

ISO / IEC 20000, seperti pendahulunya BS 15000, pada awalnya dikembangkan untuk mencerminkan panduan praktik terbaik yang terdapat dalam kerangka kerja ITIL (Information Technology Infrastructure Library), meskipun sama-sama mendukung kerangka kerja dan pendekatan manajemen layanan IT lainnya termasuk Kerangka Operasi Microsoft dan komponen kerangka kerja COBIT ISACA. 

Program Objectives

  • Pemahaman dalam penerapan Sistem Manajemen Layanan IT (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2018
  • Memahami pendekatan untuk mengelola Sistem Manajemen Layanan IT secara efektif dan efisien
  • Memahami kebutuhan untuk memenuhi persyaratan dari berbagai pemangku kepentingan dalam organisasi yang berhubungan dengan proses manajemen Layanan TI dan risiko terkait hal tersebut
  • Memahami pentingnya improvement dalam perusahaan terhadap praktik terbaik untuk pengelolaan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
  • Mampu menerapkan Sistem Manajemen Layanan IT (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2018

Program Outline

  • Pengenalan  terhadap konsep  Sistem Manajemen Layanan  IT (IT Service Management)  berbasis ISO/IEC 20000-1:2018.
  • Perencanaan dalam  Sistem Manajemen Layanan IT
  • Dokumentasi proses dan prosedur dan service level agreement
  • Implementasi Sistem Manajemen Layanan IT
  • Desain dan transisi atas layanan baru dan/atau perubahan major (DTNCS), dalam implementasi ISO 20000-1:2018
  • Pengelolaan Operasional harian terkait layanan IT ( kelangsungan layanan, kapasitas, ketersediaan layanan, insiden, BCP,  konfigurasi) 
  • Memahami penerapan change management dalam layanan IT
  • Kontrol dan evaluasi Sistem Manajemen Layanan IT 
  • Strategi penerapan  ISO 20000-1:2018 di Organisasi

Improve IT services to achieve ISO certification

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.