Promoting Efficiency Through 5S in The Office

Apakah Anda pernah mencari dokumen sampai berjam-jam? Mencari barang dan tidak menemukannya kemudian membeli lagi? Merasa tidak mempunyai cukup tempat untuk menyimpan dokumen atau barang? Waktu dihabiskan untuk mondarmandir? Tidak tahu siapa yang sedang meminjam suatu dokumen? Dokumen penting tercampur dengan dokumen lainnya? Tanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian di kantor tidak jelas?

Permasalahan di atas sering terjadi secara umum di lingkungan kerja karena kurangnya kepedulian karyawan dengan tempat kerjanya sehingga terjadi pemborosan.

Pemborosan ini harus segera diselesaikan dengan program 5S in the Office”. 5S adalah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke atau dalam bahasa Indonesia disebut 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. 

Penerapan 5S di kantor menekankan pentingnya kepedulian terhadap hal-hal yang tidak bernilai tambah untuk menciptakan kantor yang nyaman dan aman, demi meningkatkan produktivitas, mutu, dan keselamatan kerja.

Durasi Program

Dua hari (08:00 - 16:30)

Metode Pelatihan

Ceramah, diskusi, presentasi video, latihan, dan observasi lapangan

Peserta

Manajer dan Supervisor Pabrik

Program Objectives

  • Menyadari pentingnya mengelola Tempat Kerja (Gemba)
  • Memahami KAIZEN sebagai falsafah dasar 5S
  • Memahami Konsep 5S dan Manfaat Program  5S
  • Memahami langkah-langkah Implementasi 5S di Kantor

Program Outline

  • Pentingnya pengelolaan tempat kerja (Gemba)
  • Kaizen (Perbaikan berkesinambungan): Falsafah dasar 5S 
  • Konsep 5S, Definisi dan Manfaat
  • Langkah penerapan 5S di Kantor:
  • Membentuk Organisasi 5S
  • 5S langkah demi langkah
  • Alat-alat bantu 5S
  • Kunci Sukses di dalam Penerapan Program 5S di Kantor

Boost office productivity with the simple yet powerful 5S methodology

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.