Apakah Anda pernah mencari dokumen sampai berjam-jam? Mencari barang dan tidak menemukannya kemudian membeli lagi? Merasa tidak mempunyai cukup tempat untuk menyimpan dokumen atau barang? Waktu dihabiskan untuk mondar–mandir? Tidak tahu siapa yang sedang meminjam suatu dokumen? Dokumen penting tercampur dengan dokumen lainnya? Tanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian di kantor tidak jelas?
Permasalahan di atas sering terjadi secara umum di lingkungan kerja karena kurangnya kepedulian karyawan dengan tempat kerjanya sehingga terjadi pemborosan.
Pemborosan ini harus segera diselesaikan dengan program “5S in the Office”. 5S adalah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke atau dalam bahasa Indonesia disebut 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin.
Penerapan 5S di kantor menekankan pentingnya kepedulian terhadap hal-hal yang tidak bernilai tambah untuk menciptakan kantor yang nyaman dan aman, demi meningkatkan produktivitas, mutu, dan keselamatan kerja.
Dua hari (08:00 - 16:30)
Ceramah, diskusi, presentasi video, latihan, dan observasi lapangan
Manajer dan Supervisor Pabrik