Peran Purchasing mengalami perubahan yang besar dengan semakin banyaknya organisasi yang menerapkan Supply Chain Management. Purchasing Management dituntut untuk menyediakan barang atau jasa yang murah, memberikan kualitas yang sesuai standar, pengiriman yang tepat waktu, kuantitas yang sesuai, serta dokumen yang tepat sehingga dapat memperlancar aliran barang.
Tak hanya itu, Purchasing harus memiliki kemampuan dalam mendapatkan barang ataupun jasa yang diinginkan dengan reasonable price disertai dengan membangun hubungan yang baik dan profesional dengan Supplier yang menjadikan aktivitas pembelian sebagai peran penting yang berpengaruh langsung terhadap kelangsungan hidup sebuah perusahaan.
Bayangkan Jika hal tersebut diatas tidak terpenuhi, keterlambatan pengiriman, keterlambatan produksi, komplain dari customer sampai bisnis yang gulung tikar bisa saja terjadi.
Untuk menghindari hal tersebut, Purchasing Management harus bisa meningkatnya persaingan dengan menjawab kompleksnya permintaan dari pelanggan agar meningkatkan daya saing bisnis.