Peran pembelian mengalami perubahan yang besar dengan semakin banyaknya organisasi yang menerapkan Supply chain Management. Bukan hanya menyediakan barang yang murah saja, tetapi dituntut untuk dapat memberikan kualitas yang tepat dari sebuah barang ataupun jasa, pengiriman yang tepat waktu, kuantitas yang sesuai dan juga tepat dokumen sehingga dapat memperlancar aliran barang. Ditambah dengan bagaimana mendapatkan barang ataupun jasa yang diinginkan dengan reasonable price disertai dengan membangun hubungan yang baik dan profesional dengan supplier.
Sehingga, aktivitas pembelian memiliki peranan penting dan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Jika hal tersebut diatas tidak terpenuhi, maka akan terjadi keterlambatan pengiriman, keterlambatan produksi, komplain dari customer bahkan bisa menjadi kehilangan kesempatan dalam menjalankan bisnis. Dan pada akhirnya, membuat aliran rantai pasok kita tidak kompetitif dan tidak dapat bersaing.
Tentunya dengan semakin meningkatnya persaingan dan kompleksnya permintaan dari pelanggan, proses pengelolaan pembelian yang baik dapat membawa perusahaan untuk dapat meningkatkan daya saing dan juga melakukan peluang penghematan, dimana memiliki tujuan akhir yaitu kepuasan pelanggan.
Sasaran Program
- Memahami dasar pemikiran pentingnya Manajemen Pembelian
- Memahami strategi pembelian dan analisa market
- Memahami konsep dasar negosiasi
- Memahami vendor Management
Garis Besar Program
- Peran penting seorang Buyer
- Strategi pembelian sesuai kebutuhan dan analisa market
- Menganalisa kemungkinan resiko yang timbul dari vendor
- Pentingnya menjalin hubungan yang baik antara supplier dan vendor
- Konsep Dasar Negosiasi beserta taktiknya.
- Vendor evaluation & development
YW/20/APR/20/AD