Tantangan bisnis yang kita hadapi dewasa ini adalah tertekannya profitabilitas usaha sekaligus dari dua arah; persaingan usaha yang menekan sisi pendapatan (revenue) di satu sisi, dan tekanan biaya (cost) yang terus meningkat di sisi lain. Dengan kata lain, peningkatan profit, daya saing, dan efisiensi harus dicapai secara simultan dan tidak bisa lagi ditanggulangi secara satu-persatu.
Upaya organisasi untuk melakukan penghematan biaya “across the board” (cost-cutting) juga tidak lagi efektif; karena pemangkasan biaya seperti itu umumnya juga mengakibatkan merosotnya revenue dan kinerja bisnis lainnya, bukannya pada perbaikan daya saing sebagaimana kita inginkan.
Terlebih lagi dengan semakin terbukanya pasar pada persaingan bisnis global yang sangat kompetitif; kita sangat memerlukan pemikiran dan upaya-upaya cost reduction yang lebih strategis dan lebih mendasar.
Sasaran Program
- Memahami konsep Strategic Cost Reduction
- Mengenal berbagai pendekatan dalam Strategic Cost Reduction
- Memahami cara penerapan Strategic Cost Reduction Program yang efektif
Garis Besar Program
- Strategic Cost Reduction (SCR) vs. Cost Cutting
- Konsep dan prinsip-prinsip SCR
- Pendekatan baru dalam SCR: Business Process Reengineering & Target Costing
- Mengembangkan organisasi yang sehat namun hemat melalui SCR
YW/17.JUN.20/AD