Training Within Industry (TWI): Powerful Skills Development Techniques
Training within Industry (TWI) adalah suatu model pengembangan bagi para pimpinan agar mampu mentransfer keterampilan dalam memimpin, memberikan instruksi, dan meningkatkan metode kerja. TWI ini merupakan program pembelajaran melalui learning by doing yang dilakukan secara berkesinambungan untuk mentransfer skill kepada bawahan.
Salah satu contoh sukses TWI adalah Toyota yang telah mampu meningkatkan kualitas hasil improvement melalui pengajaran yang efektif, dilakukan dengan konsisten dan sistematis di mana setiap atasan bertanggung jawab atas pengembangan bawahannya.
Komponen TWI ini terdiri dari Job Instruction, Job Method, dan Job Relation yang jika dilakukan secara efektif akan terjadi transfer pengetahuan dari karyawan yang terampil kepada karyawan yang kurang terampil. Melalui penerapan TWI, setiap karyawan diharapkan dapat bekerja secara efektif, mampu mengatasi masalah kesalahan proses, kecelakaan, defect, rework, scrap, delay dan hubungan kerja.
Durasi Program
Dua hari (08:00 - 16:30)
Metode Pelatihan
Ceramah, diskusi, game dan simulasi
Peserta
Manajer dan Supervisor

Program Objectives
- Memahami konsep TWI
- Menguasai teknik Job instruction (mampu mengajarkan bawahan bagaimana secara cepat melatih karyawan sehingga mampu melakukan tugas secara benar, aman dan teliti)
- Menguasai teknik Job Methods (mampu mengajarkan bawahan agar mampu secara berkesinambungan melakukan perbaikan terhadap proses kerja yang ada)
- Menguasai teknik Job Relations (mampu mengajarkan bawahan bagaimana mengembangkan dan memelihara hubungan kerja yang positif; sehingga dapat mencegah munculnya masalah, serta menyelesaikan konflik yang kadangkala terjadi antar karyawan)
Program Outline
- 5 Syarat Utama sebagai seorang Pimpinan Unit
- Kerja dalam penerapan Lean
- Persyaratan Standar Kerja
- Teknik Pengajaran Kerja (Job Instruction)
- Standar Kerja/Job order/Standard Work Sheet & Praktek pembuatannya (Job Method)
- Improvement : Plan-Do-Check-Act & Standard- Do-Check-Act (Job Relations)