Lean Daily Management System (LDMS) adalah prosedur standar yang menyediakan struktur utuh untuk pembagian tugas dan hasil kerja harian yang sama dalam sebuah workgroup yang bertujuan memperbaiki proses dan meningkatkan customer value. Namun bagaimana cara sistem ini bekerja? Simak pembahasan menarik ini, ya!
Lean yang merupakan metode untuk meningkatkan bisnis dipandang sebagai metode alat yang ditujukan untuk peningkatan mesin dan inventaris. Padahal, Lean Management juga dapat diterapkan pada Sumber Daya Manusia.
Menurut pakar Lean Jerry Timpson dari Kaufman Global, pandangan Lean untuk mesin merupakan interpretasi Barat yang masih banyak dianut kebanyakan perusahaan sejak tahun 1990-an sampai hari ini. Pemikiran ini mengesampingkan elemen manusia yang keterlibatannya dapat memberikan efek samping pada penerapan Lean, alih-alih sebagai kontributor utama untuk hasil setiap inisiatif Lean.
Banyak informasi yang tersedia berfokus pada aspek teknis seperti pull system, peningkatan sistem inventaris, dan quick changeover dengan bias yang memisahkan antara manufaktur dengan continuous flow, proses bisnis atau industri jasa.
Untuk memberikan gambaran terbaru pentingnya keterlibatan manusia dalam proses Lean Management, Timpson ‘memperbarui’ konsep Seven Waste dari Taiichi Ohno seperti di bawah ini.

Selain itu, Timpson mengemukakan contoh lainnya dalam buku The Machine that Changed the World (Womack, Jones, & Roos, 1990). Selama satu dekade, buku ini adalah sumber utama inspirasi Lean ketika industri pabrik lainnya berusaha meniru Toyota.
Buku ini menggambarkan keterlibatan pekerja (manusia) sebagai elemen penting dari Toyota Production System tetapi tidak menganggapnya sebagai fondasi. Inventori yang lebih rendah dan aliran produk yang lebih baik dipandang sebagai penyebab produktivitas yang lebih tinggi dan kualitas yang lebih baik ketika keduanya sebenarnya merupakan dampak dari tenaga para pekerja yang lebih terlibat.
Keterlibatan Manusia dalam Penerapan Lean
Keyakinan fundamental yang harus ditanam adalah bahwa Lean merupakan sistem yang terkait dengan manusia, bukan yang teknis. Metode Lean dan komponen alat di dalamnya tidak akan berjalan dengan baik tanpa wawasan manusia yang tajam tentang cara implementasinya.
Para pekerja pun menjadi alat yang dapat menggali masalah apa yang harus diselesaikan berdasarkan pemahaman mereka sebagai pekerja di tempat kerja, dan mencari solusi bagaimana cara mengatasinya melalui Lean Daily Management System.
Wawasan dari pekerja dan penerapan LDMS akan menciptakan teknik pemecahan secara terstruktur, sehingga mesin memiliki kemampuan untuk melakukan peningkatan berkelanjutan secara mandiri.
Metodologi Lean Daily Management System
Lean Daily Management System adalah manifestasi dari partisipasi kelompok kerja dan keterlibatan ini adalah rute tercepat menuju tujuan keseluruhan Lean, yaitu memaksimalkan nilai pelanggan dengan meminimalkan pemborosan. Berikut adalah komponen vital dari LDMS:
- Prosedur standar yang membantu tim terus meningkatkan pekerjaan harian (Kaizen)
- Kelompok kerja yang utuh dengan tugas dan hasil umum
- Pelatihan interval pendek harian (SIC) oleh supervisor
- Papan tampilan visual primer—Primary Visual Display (PVD)
- Shift start-up meeting (SSU) harian sebelum memulai shift
- Sistem peningkatan Lembar Tindakan Kaizen—Kaizen Action Sheet (KAS)
- Metrik yang dapat dipengaruhi dan dikontrol tim
- Lean Daily Management System (LDMS) adalah sarana utama untuk melibatkan organisasi
Pekerja yang menjalani LDMS harus mendapatkan dukungan dari pimpinan pusat agar perbaikan berkelanjutan bisa dijalankan dengan konsisten sehingga mencapai kesuksesan bisnis.
Manfaat Penerapan Lean Daily Management System
Konstruksi LDMS cukup spesifik. Metode ini menampilkan kegiatan dan perilaku yang dapat diamati. Hal ini memungkinkan pemimpin atau atasan untuk berinteraksi dengan dan mendukung tim secara spesifik dan natural. Interaksi ini bermanfaat dalam mendorong akuntabilitas dan ownership dari pimpinan sampai ke pekerja harian di mana proses kerja berlangsung.
Menurut pengalaman Timpson, LDMS dapat diterapkan di berbagai industri, bukan hanya manufaktur, dengan materi yang disesuaikan dengan lingkungan fungsional dan administrasi dengan di bidang industri yang mengadaptasi LDMS. Karena salah satu manfaat LDMS adalah, metode ini melahirkan karyawan yang akan secara aktif berpartisipasi dalam meningkatkan dan memperbaiki pekerjaan yang mereka kendalikan. Para pekerja akan selalu menemukan cara untuk berinovasi dan menyesuaikan diri dengan benar.
Selain di perusahaan manufaktur, Lean Daily Management System telah berhasil diimplementasikan pada beberapa perusahaan besar, seperti, Goodrich, AGCO, Becton Dickinson, Johnson ‘n’ Johnson, Goodyear, Rumah Sakit Oregon State, Rumah Sakit Mississippi State, Lincoln Healthcare Network, Negara Bagian Oregon, Negara Bagian Indiana, Negara Bagian Delaware dan masih banyak lagi.
Mengapa Harus Menerapkan Lean Management di Perusahaan?
Dari pembahasan di atas, LDMS sangat direkomendasikan untuk diterapkan karena dengan LDMS, inisiatif kerja karyawan akan meningkat dan hasil dari implementasi Lean Management akan bertahan lama demi kesuksesan bisnis.
Seperti yang sudah di bahas di atas, manfaat LDMS salah satunya adalah meningkatkan rasa kepemilikan seluruh karyawan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Prestasi individu dan tim menjadi terlihat.
Selain itu, manfaat lainnya adalah masalah kinerja dan peluang lebih transparan. Perubahan proses dan upaya peningkatan terhubung lebih baik dengan kegiatan sehari-hari dan pekerjaan standar lebih mudah untuk dicapai.
LDMS melibatkan pikiran dan hati dan menyediakan wadah bagi karyawan untuk berkontribusi dengan cara yang bermakna dan bermanfaat bagi mereka.
Dengan semua hal positif dari penerapan LDMS, bersiaplah untuk meningkatkan resistensi bisnis di pasar global.
Namun, para pemimpin perlu menjaga konsistensi sampai budaya Lean Management mulai terbentuk, dan karyawan mulai menyadari bahwa pendekatan yang luas dan proaktif untuk peningkatan kinerja adalah cara terbaik untuk menghilangkan pemborosan dan meningkatkan nilai bagi pelanggan.
Temukan cara paling efektif untuk meningkatkan performa kualitas dan produktivitas pekerja dengan training dan konsultasi bersama PQM Consultants. Dapatkan wawasan khusus tentang penerapan Lean Daily Management System paling efektif yang akan memberikan dampak signifikan bagi peningkatan bisnis melalui program “Lean Daily Management System”.