Belajar Prinsip 5R dari Seekor Tupai

Tupai Timur (Eastern Chipmunks atau yang dikenal dengan nama latin Tamias striatus) adalah hewan pengerat pengumpul kacang dan biji-bijian yang sangat resik dan rapi. Hewan ini memiliki ciri fisik berupa dua strip hitam putih di punggungnya. Tupai membangun liang bawah tanah luas dengan panjang sekitar 3-4 meter yang memiliki beberapa pintu masuk tersembunyi dan banyak ruang (chambers) untuk beragam fungsi yang ditata sedemikian rupa. Ternyata hewan kecil ini sudah menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) lho. Program 5R yang dikembangkan di Jepang adalah metode sederhana mengenai penataan tempat kerja yang sudah menjadi budaya dan diterapkan di banyak perusahaan. Seperti apa 5R yang dilakukan si tupai? 

  • Ringkas

Prinsip ringkas adalah memisahkan dan menyingkirkan segala sesuatu yang tidak diperlukan. Salah satu fungsi ruang di liang tupai adalah kakus untuk buang kotoran. Tupai menyingkirkan kotoran dengan membawa keluar jauh dari liangnya secara berkala. Hal ini tak hanya dilakukan untuk menjaga kebersihan tetapi juga melindungi diri dari predator. Bila ada rubah, musang atau coyote yang mencium bau kotoran tupai maka liang bawah tanahnya akan mudah ditemukan oleh para pemangsa tersebut.

  • Rapi

Prinsip rapi adalah menyimpan dan meletakkan segala sesuatu sesuai dengan tempat dan fungsinya. Tupai tidak membangun liang sembarangan dan mencampuradukkan semua dalam satu ruang. Ia memberi fungsi pada setiap ruang yang dibangunnya. Ada ruang untuk menyimpan makanan, ruang tidur, ruang untuk bayi tupai yang akan lahir, dan ruang untuk menampung cangkang kacang dan kotoran. Bahkan ruang tidur tupai dibuat lebih besar dan nyaman dengan alas rumput dan daun kering. 

  • Resik

Prinsip resik adalah membersihkan ruangan dan lingkungan dari debu, kotoran dan bau. Tupai juga selalu menjaga lorong-lorong yang menghubungkan setiap ruangan agar bebas dari serpihan makanan, daun kering, ataupun tanah galian. Hal ini akan membuat si gesit tupai lebih leluasa bergerak dan mudah beraktivitas. 

  • Rawat

Prinsip rawat adalah mempertahankan kerapian dan kebersihan ruangan dan lingkungannya. Tupai selalu merawat setiap ruang di liangnya dengan seksama agar semua ruang dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ia tidak melanggar sistem yang sudah dibuatnya sendiri. 

  • Rajin

Prinsip rajin adalah terciptanya kebiasaan pribadi untuk menjaga dan meningkatkan hal-hal yang sudah dicapai. Tupai selalu konsisten menjaga kerapian dan kebersihan ruangan dengan melakukannya berulang kali sehingga menjadikannya sebagai  karakter pribadi. 

Nah, bila tupai saja bisa menerapkan 5R dalam kesehariannya, bagaimana dengan kita?

Apakah kita sudah merawat area kerja kita dengan rajin supaya tetap ringkas, rapi dan resik setiap hari? 

 

Related posts