Kepuasan pelanggan adalah bagian terpenting dalam bisnis. Kepuasan pelanggan sangat penting untuk diperhatikan karena langsung berdampak pada kelancaran jalannya sebuah bisnis. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah penanganan komplain yang efektif.
Sayangnya, melayani komplain pelanggan sering kali menyebabkan frustasi. Namun dengan menerapkan “Effective Complaint Handling and Service Recovery”, situasi menantang ketika melayani komplain pelanggan akan menjadi suatu solusi yang positif. Melalui teknik-teknik pendekatan tertentu, komplain pelanggan bisa tersampaikan dengan efektif, diperbaiki, hingga mereka akan secara aktif merekomendasikan perusahaan Anda dengan ulasan yang positif. Hubungan perusahaan dengan pelanggannya pun akan terjalin sehingga menciptakan loyalitas pelanggan yang terus meningkat.
Program Objective
- Memahami aspek-aspek penting terkait komplain pelanggan
- Meningkatkan keterampilan dalam penanganan komplain pelanggan, seperti berkomunikasi efektif, berempati, merespons keluhan hingga menyelesaikannya dengan efektif
- Menerapkan teknik Service Recovery untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan merekomendasikannya secara positif
- Meningkatkan kemampuan dalam menangani masalah pelanggan secara cepat dengan solusi yang tepat
- Mampu melakukan pengelolaan komplain dan improvement yang berdampak positif pasca penanganan komplain pelanggan.
Outline of the Program
- Pola pikir penanganan komplain yang tepat
- Teknik komunikasi dan penanganan hingga penyelesaian komplain yang efektif
- Pengelolaan komplain yang tepat di perusahaan
- Menerapkan Service Recovery yang efektif
- Melakukan langkah-langkah improvement pasca penanganan komplain
Program Methods
Interactive Lecture
& Discussion
Interactive Quiz
Case Studies
Pre & Post Test
This Training is Made for:
- Front-line staff
- Supervisor
- Manager
- Pimpinan Perusahaan
Get to Know Training Consultants
Althaf R. Tibyan
Consultant
Bersertifikasi BNSP di bidang metodologi pelatihan pengembangan diri dengan metode NLP dan Coaching. Berpengalaman lebih dari 19 tahun berdedikasi memberikan layanan pelanggan di industri perbankan.