HR For Non HR

Masih banyak organisasi yang tanpa sadar berjalan secara silo mentality: HR sibuk mengurus kebijakan, sumber daya, serta administrasi sementara user berfokus untuk mengejar target. Akibatnya, pengelolaan sumber daya manusia sering tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Proses rekrutmen menjadi tidak sistematis, membuang waktu yang cukup lama, hingga potensi karyawan yang belum benar benar tergali. 

Padahal, peran HR dengan user harus saling melengkapi. Seorang user perlu memahami bagaimana menyusun uraian jabatan serta tugas kerja yang jelas, menilai kebutuhan tim, terlibat aktif dalam rekrutmen, serta memastikan pengembangan dan relasi kerja berjalan dengan sehat. Semua hal tersebut menjadi pondasi penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. 

Pelatihan HR for Non-HR hadir untuk membantu para user dalam memahami peran strategis mereka untuk mengelola sumber daya manusia serta membangun “rumah” bagi setiap potensi yang dimiliki oleh karyawan. 

Sasaran Program

  • Peserta memahami proses awal dalam fungsi HR, serta peran manajemen lini yang diperlukan dalam manpower planning dan rekrutmen 
  • Peserta memahami peran manajemen lini yang diperlukan dalam perencanaan, proses review dan appraisal kinerja tim 
  • Peserta memahami peran manajemen lini yang diperlukan dalam pengembangan tim, metode pengembangan yang tepat, serta menyiapkan successor 
  • Peserta memahami cara membangun komunikasi yang efektif dalam organisasi
  • Peserta memahami peran manajemen lini yang diperlukan dalam hubungan industrial
  • Peserta memahami peran manajemen lini yang diperlukan dalam employee retention, serta proses karyawan keluar

Agenda Pelatihan

  • Transformasi HR dalam organisasi dan harapan HR terhadap manajemen lini dalam pengelolaan SDM
  • Peran leader dalam penyusunan uraian jabatan
  • Peran leader dalam memahami kebutuhan man power planning dan keterlibatan pada proses rekrutmen 
  • Peran leader dalam penilaian kinerja karyawan
  • Peran leader dalam pengembangan karyawan
  • Peran leader dalam membangun employee relation 
  • Peran leader dalam membangun hubungan industrial
  • Peran leader dalam employee retention

Target Peserta

Para line manager, supervisor, dan team leader dari berbagai fungsi bisnis yang ingin memahami lebih dalam peran strategis HR dalam pengelolaan tim.

Metode Pelatihan

  • Interactive lecturer
  • Worksheet 
  • Studi kasus aktual
  • QnA
  • Pre test dan post test 
  • Roleplay 
Dian Ananda Setiawan - Consultant
Dian Ananda Setiawan

Dian Ananda Setiawan (DAS) merupakan seorang konsultan di PQM Consultants yang memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun sebagai praktisi HR.Dengan latar belakang tersebut, Dian telah berhasil membantu klien dari berbagai bidang industri, baik manufaktur maupun jasa.Dian memiliki beberapa sertifikasi secara resmi seperti: DISC, HR Management, Talent Management, Change Management, Train the Trainers, serta berhasil memperoleh sertifikasi Asesor Kompetensi dan sertifikasi Trainer KKNI Level 4 dari BNSP.

*Exclude Value-Added Tax

Stay Ahead of The Competition

2026 Public Training Schedule is Here! Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.

Download Brochure HR For Non HR

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the brochure directly to your email.

Solusi Pelatihan Customized

PQM Consultants menghadirkan In-House Training sebagai solusi untuk organisasi Anda. Solusi pelatihan tepat sasaran yang khusus didesign untuk menyasar kendala di organisasi Anda.

👉 Pilih programnya sekarang dan dapatkan FREE konsultasi