Service Improvement: Practical Steps to Improve Service Delivery & Customer Experience

Inovasi serta digitalisasi yang kian masif menyebabkan peningkatan ekspektasi pelanggan terhadap layanan, jika layanan stagnan maka akan mudah ditinggal oleh pelanggan. 

Service Improvement membantu organisasi memetakan customer journey dimulai dari perbedaan pendapat, komplain, hingga pengalaman yang mengecewakan untuk diolah menjadi problem statement yang jelas. Hal tersebut sejalan dengan prinsip Kaizen untuk melakukan perbaikan dengan solusi yang praktis dan berkelanjutan. 

Service Improvement berfokus untuk memperbaiki kualitas layanan dalam sisi internal, hal tersebut memiliki titik fokus untuk memperbaiki apa yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien. 

Melalui training Service Improvement, Anda akan berlatih pendekatan untuk menjaga relevansi sekaligus membangun kepercayaan dengan pelanggan melalui layanan yang konsisten serta berkesan. 

Program Objective

  • Memahami konteks masalah dalam layanan & memunculkan urgensi pentingnya Service Improvement 
  • Mengidentifikasi kelemahan dan friksi yang terjadi dalam proses layanan & menentukan prioritas improvement 
  • Mampu menganalisa data untuk proses improvement dan menyusun problem maupun goal statement 
  • Menggali akar penyebab permasalahan layanan secara sistematis 
  • Merancang ide-ide solusi yang feasible dan berdampak & menguji solusi layanan dalam simulasi 
  • Menentukan indikator keberhasilan layanan, teknik pengukuran, dampak solusi, serta tools evaluasi sederhana 
  • Memastikan solusi perbaikan layanan menjadi kebiasaan dan budaya baru melalui proses monitoring & coaching 
  • Menyusun rencana penerapan Service Improvement yang konkret untuk diterapkan di tempat kerja 

Outline of the Program

  • Why service always needs to be improved 
  • Identifying improvement theme/project in service 
  • Determining improvement priorities 
  • Analyzing data from VoC, VoE, dan VoP
  • Formulating problem statement & goal statement (SMART) 
  • Root cause analysis guided by PRODQUAL/SERVQUAL Gaps
  • Developing solution in service 
  • Measuring service improvement 
  • Embedding new habits into daily service 
  • My action plan: service improvement starts with me 

Program Methods

Interactive Lecture
& Discussion

QnA Activities

Case Studies

Pre & Post Test

Value Added

  • Short Assessment Service Improvement

This Training is Made for:

Get to Know Training Consultants

Althaf R. Tibyan - Consultant
Althaf R. Tibyan
Consultant

Althaf merupakan seorang konsultan di PQM Consultants yang memiliki spesialisasi training dan konsultasi dalam menerapkan budaya continuous improvement di organisasi klien.Althaf memiliki sertifikasi trainer pada bidang Service Excellence dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan tersertifikasi sebagai Professional Coach dari Coaching Indonesia.Althaf memiliki pengalaman pada bidang perbankan baik dalam skala nasional maupun internasional selama dua dekade dan berhasil menyelenggarakan training serta sesi konsultasi dalam bidang Service Excellence di berbagai industri organisasi.

*Exclude Value-Added Tax

Stay Ahead of The Competition

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the schedule directly to your email.

Download Brochure Service Improvement Practical Steps to Improve Service Delivery & Customer Experience

Upgrade your skills and knowledge with our exclusive development program. Simply submit the form, and we will send the brochure directly to your email.

Solusi Pelatihan Customized

PQM Consultants menghadirkan In-House Training sebagai solusi untuk organisasi Anda. Solusi pelatihan tepat sasaran yang khusus didesign untuk menyasar kendala di organisasi Anda.

👉 Pilih programnya sekarang dan dapatkan FREE konsultasi