Ini 5 Keuntungan Besar Bagi Perusahaan Peraih Deming Prize!

Hadiah Deming seperti Hadiah Nobel atau Booker Prize yang ditujukan khusus untuk industri manufaktur. Selain bergengsi, penghargaan Deming Prize juga memberikan banyak sekali keuntungan bagi penerimanya. Tak hanya memastikan proses yang lebih baik dan efisien, perusahaan-perusahaan penerima Deming telah melipatgandakan keuntungan mereka.

 

Deming Prize adalah penghargaan tahunan bergengsi yang diberikan kepada organisasi yang telah mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) yang sesuai dengan filosofi manajemen, ruang lingkup, jenis, skala bisnis, dan lingkungan manajemen.

Apa pun jenis bisnisnya, organisasi apa pun dapat mengajukan diri untuk mengikuti kompetisi ini dalam kondisi tertentu. Baik perusahaan publik atau pribadi, besar atau kecil, domestik atau luar negeri, semua perusahaan bisa mengikuti kompetisi Deming Prizebaik sebagian atau seluruh organisasi.

Deming Prize dibagi dalam beberapa kategori, di antaranya Deming Prize for Individuals, the Deming Distinguished Service Award for Dissemination and Promotion (Overseas), the Deming Prize, and the Deming Grand Prize (sebelumnya bernama Japan Quality Medal).

Tidak ada batasan jumlah calon penerima Deming Prize setiap tahun. Semua organisasi yang memenuhi poin kelulusan atau lebih tinggi saat ujian akan diberikan Deming Prize. Namun, organisasi yang ingin mengajukan Deming Prize harus melaksanakan Diagnosis TQM oleh Komite Prize Deming selambat-lambatnya satu tahun sebelum tahun aplikasi.

Pelaksanaan Diagnosis TQM oleh Komite Deming Prize adalah persyaratan wajib pada saat perusahaan mengajukan aplikasi untuk menerima Deming Prize ataupun Deming Grand Prize.

Jika aplikasi dibuat untuk mempersiapkan diri dalam penjurian Deming Prize atau Deming Grand Prize, konsultasi pra-aplikasi juga akan dilakukan oleh komite selama melakukan diagnosis TQM di lokasi organisasi.

Ini memang bukan proses yang mudah, dan akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan organisasi. Namun keuntungan perusahaan yang menerima Deming Prize akan sepadan. Berikut ini beberapa keuntungan besarnya:

 

  1. Pengembangan dan peluncuran produk baru akan dipromosikan

Pelaksanaan TQM dimulai dari melihat potensi pasar. Apa harapan yang dimiliki pelanggan dan nilai apa yang harus ditambahkan ke dalam produk yang sudah ada? Dengan mengetahui kebutuhan dan benih, kemampuan pengembangan perusahaan akan meningkat secara signifikan.

 

  1. Teknologi baru dapat diadopsi

Menghadapi kesulitan teknis adalah bagian dari pengembangan produk baru. Sebuah perusahaan dapat membedakan dirinya dari pesaing dan memperoleh keuntungan besar dengan mengembangkan dan memperoleh teknologi baru. Dengan demikian, perusahaan memiliki competitive advantage dibandingkan para kompetitor.

 

  1. Target penjualan akan tercapai secara berkelanjutan

Dengan kapabilitas pengembangan produk baru yang disempurnakan, perusahaan akan memiliki gagasan pasti tentang produk apa yang akan diluncurkan di masa depan dan rencana penjualan jangka panjang akan tercapai.

 

  1. Mampu beroperasi sesuai kebijakan manajemen dan memenuhi target

Untuk merealisasikan target manajerial, setiap fungsi seperti manajemen penjualan, jaminan kualitas, manajemen biaya, manajemen produksi, dan manajemen tanggal pengiriman perlu dibuatkan target. Menetapkan target, membuat seluruh organisasi aware akan target tersebut, dan menetapkan langkah-langkah untuk mencapai target tersebut akan membuat perusahaan beroperasi secara efisien.

 

  1. Fungsionalitas organisasi akan meningkat

Sebagai hasil dari pengembangan produk baru dan teknologi baru, struktur untuk mengembangkannya akan diperkaya dan diperkuat dengan pengetahuan baru. Struktur dan sistem manajemen yang sangat baik akan disusun.

Secara berbarengan, perusahaan akan memastikan pengembangan produk baru, memastikan kualitas, mengelola biaya, mengelola produksi, mengelola tanggal pengiriman, mengelola penjualan, mengelola keselamatan, lingkungan, pendidikan dan pelatihan dan informatisasi. Sistem seperti itu akan menjadi bagian dari perusahaan dalam proses penjurian Deming Prize.

 

Terlepas dari ukuran atau industri perusahaan, apakah perusahaan tersebut mapan atau baru, Deming Prize membantu semua jenis organisasi mencapai hasil yang disebutkan di atas. Jadi tak heran jika banyak perusahaan bekerja untuk memantaskan diri sebagai peraih penghargaan bergengsi Deming Prize.

Menurut Dr Surinder Kapur, pakar TQM dan ketua CII Mission for Manufacturing Innovation, perusahaan yang memenangkan Deming Prize semuanya berfokus pada keterlibatan karyawan 100 persen, peningkatan proses, dan semua pemimpin perusahaan tersebut telah berdedikasi penuh untuk mencapai maksud dan tujuan penerapan TQM praktik untuk menjadi perusahaan global.

Mereka telah menciptakan perusahaan yang benar-benar global. Perusahaan-perusahaan pemenang Deming telah membuktikan bahwa mencetak keuntungan yang berlipat-ganda dalam jangka waktu dua tahun adalah sebuah keniscayaan

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *