Kenapa Harus Kaizen? Ini 7 Keuntungannya untuk Perusahaan & Karyawan

“Kaizen berarti perbaikan. Selain itu, (Kaizen) berarti peningkatan berkelanjutan dalam kehidupan pribadi, kehidupan rumah tangga, kehidupan sosial, dan kehidupan kerja. Ketika diterapkan di tempat kerja, Kaizen berarti peningkatan berkelanjutan yang melibatkan semua orangbaik manajer maupun staf.” Masaaki Imai, Pendiri Kaizen Institute

 

Kaizen adalah filosofi Jepang, yang jika diterapkan pada perusahaan dipercaya akan membawa perubahan konstan untuk meningkatkan produktivitas. Ini adalah sebuah pemikiran yang menegaskan bahwa perubahan adalah satu-satunya cara untuk maju.

Kaizen menekankan pada peningkatan produktivitas dengan menghilangkan muri atau kerja keras yang tidak perlu. Dalam Bahasa Inggris, istilah tersebut sebenarnya diartikan menjadi “perubahan menjadi lebih baik.”

Motto Kaizen adalah “menjaga dan memotivasi sumber daya perusahaan sebisa mungkin, untuk mendorong mereka agar terus berpartisipasi dalam kegiatan kaizen.”Untuk mencapai penyelesaian proses yang sukses dengan menggunakan Kaizen, perusahaan memang membutuhkan partisipasi dari manajemen tingkat atas hingga karyawan tingkat dasar.

 

Lalu apa bedanya dengan Kaizen Event?

Kaizen Event adalah sebuah proyek improvement tunggal yang dilakukan pada satu waktu. Ini adalah inisiatif jangka pendek yang terkoordinasi dan dirancang untuk mewujudkan beberapa jenis perbaikan selama periode waktu tertentu.

Ada banyak cara yang berbeda untuk Kaizen Event dapat berlangsung tergantung pada jenis perusahaan, sistem apa yang digunakan, dan masih banyak lagi. Satu hal penting yang perlu diingat tentang Kaizen Event adalah bahwa proyek tersebut tidak boleh dipandang sebagai upaya yang berkelanjutan.

Tapi sebelum menggunakan Kaizen Event untuk menghilangkan pemborosan dan meningkatkan produktivitas, Anda perlu tahu semua manfaat dari Kaizen secara umum.

 

1) Peningkatan Produktivitas

Salah satu manfaat Kaizen terbesar adalah peningkatan produktivitas di pabrik, kantor dan fasilitas perusahaan. Ketika diterapkan dengan benar, Anda akan mengidentifikasi area di mana ada waste, dan kemudian mencari cara untuk memperbaikinya.

Menghilangkan segala jenis waste akan meningkatkan produktivitas. Walaupun Kaizen tidak menghasilkan peningkatan dramatis dalam semalam, inisiatif ini memang memfasilitasi lingkungan kerja untuk memudahkan improvement yang berkelanjutan.

Seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa fasilitas Anda beroperasi jauh lebih produktif daripada sebelumnya. Salah satu manfaat terbesar Kaizen adalah bahwa bahkan setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah proyek peningkatan produktivitas, Anda masih akan mencari dan menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitas lebih banyak lagi.

 

2) Pengurangan biaya

Selain meningkatkan kualitas produk yang dibuat dan produktivitas pabrik/fasilitas secara umum, Kaizen dapat membantu mengurangi biaya (cost reduction). Waste menimbulkan biaya yang tak sedikit. Karenanya, jika dihilangkan, perusahaan akan menghemat biaya.

Apakah penghematan berupa hard cost saving ataupun soft cost saving, perusahaan akan mendapat manfaat melalui penghematan jangka panjang.

Setiap kali menerapkan strategi Kaizen, Anda bisa menyusun prosedur untuk mengetahui bagaimana biaya dievaluasi dan diukur. Hal in akan memudahkan Anda untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak uang yang dihemat. Semua itu adalah hasil perubahan yang dilakukan dengan strategi Kaizen.

 

3) Komunikasi yang Lebih Baik

Keuntungan yang didapatkan pabrik/fasilitas yang menerapkan Kaizen adalah karyawan yang bisa berkomunikasi lebih baik. Karyawan merasa diberdayakan untuk berkomunikasi dengan manajemen. Manajemen akan berinteraksi dengan karyawan untuk menerapkan perubahan. Sederhananya, strategi Kaizen yang efektif dapat membantu membentuk komunikasi yang lebih baik di setiap lini.

Walaupun peningkatan komunikasi bukan salah satu manfaat Kaizen yang dikira bisa didapat, hal itu sebenarnya salah satu yang paling penting. Komunikasi sangat penting untuk semua jenis pabrik/fasilitas. Ketika menggunakan strategi Kaizen, Anda akan menemukan bahwa komunikasi makin baik, dan proses kerja pun makin lancar.

 

4) Peningkatan Moral Karyawan

Tak banyak perusahaan yang mengira bahwa karyawan akan merasa lebih senang ketika Kaisen dijalankan. Namun faktanya adalah, karena Kaizen melibatkan karyawan di semua tingkatan. Karena itulah, karyawan bisa lebih banyak berkontribusi untuk keberhasilannya. Ketika karyawan sadar bahwa ide dan saran mereka ditanggapi dengan seriusdan diterapkan di pabrik/fasilitasmoral mereka meningkat secara signifikan.

Karyawan yang lebih bahagia dengan lingkungan kerja akan lebih produktif. Mereka tak mudah resign dan mau berupaya sebaik mungkin untuk perusahaan. Mempertahankan karyawan yang terlibat dengan perbaikan dan pengarahan fasilitas adalah hal yang bagus. Itu tidak hanya membuat mereka bahagia, tetapi juga mendorong mereka untuk membantu mengidentifikasi peluang perbaikan di masa depan.

 

5) Pemecahan Masalah Segera

Menemukan dan menghadapi masalah membantu dalam menyelesaikannya lebih cepat. Kaizen adalah solusi bagus untuk menemukan untuk memecahkan masalah. Pemecahan masalah langsung mengurangi waktu tunggu, dan mengembalikan proses produksi kepada jalur yang benar. Seringkali, solusi Kaizen Event yang sifatnya sementara memberi pengaruh besar mewujudkan perbaikan permanen dalam proses.

 

6) Peningkatan Kualitas

Anda dapat menemukan cara untuk meningkatkan kualitas fasilitas/pabrik Anda. Ini bisa berupa peningkatan kualitas keseluruhan produk yang Anda buat, atau peningkatan kualitas mesin yang Anda gunakan. Menemukan peluang peningkatan kualitas adalah bagian alami dari strategi Kaizen. Hal ini dapat membantu memberi manfaat bagi fasilitas/pabrik Anda secara dramatis.

Ketika masalah terpecahkan, kerja tim dibangun kembali dan sumber daya digunakan seefisien mungkin. Jika sudah demikian, kualitas produksi akan jadi lebih baik. Dengan proses baru yang tercipta, pekerjaan menjadi jauh lebih efisien. Manajemen waktu pun bisa ikut membaik.

 

7) Pemanfaatan Sumber Daya yang Optimal

Karena sumber daya digunakan dengan efisien, mereka dapat digunakan untuk tujuan yang diperlukan. Penerapan Kaizen akan memperbaiki proses produksi dan secara otomatis, sumber daya digunakan secara bijak. Kaizen membantu pabrik/fasilitas untuk memenuhi tuntutan besar dengan sumber daya terbatas, dengan memprioritaskan kebutuhan.

Referensi: Pakar Kaizen Antonio Ferraro dan Mukta Gaikwad.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *