Lebih Percaya Diri Setelah Dapatkan Sertifikasi Six Sigma

Mengapa saya perlu mengikuti sertifikasi Six Sigma dan apa manfaat sertifikasi bagi saya? Setidaknya itu merupakan pertanyaan yang muncul ketika kita ingin memilih program sertifikasi six sigma.

Banyak perusahaan menerapkan six sigma dalam upaya meningkatkan kompetensi karyawan dalam menggunakan tools ini dalam penyelesaian masalah yang pada ujung-ujungnya adalah peningkatan performance perusahaan.

Bagi individu yang ingin kompetensinya meningkat dan kemampuan menggunakan tools six sigma diakui secara intenasional, ada organisasi atau “Third Party” yang akan memvalidasi atau menguji bahwa pengalaman dan pengetahuan orang tersebut telah terbukti dan diakui secara internasional, melalui ujian yang dilakukan oleh pihak ketiga dalam hal ini salah satu penyelenggaranya adalah International Quality Federation (IQF)-USA.

Di mana ujian tersebut akan menguji pemahaman dan kemampuan individu mengenai dasar-dasar dan penerapan Six Sigma. Bahan ujiannya sendiri dambil dari IQF Six Sigma Body Of Knowledge (BOK) exam.

Body of Knowledge IQF six sigma exam terdiri dari dua bagian, bagian pertama merupakan fundamental yang terdiri dari 24 soal dan aplikasi 6 soal. Dimana masing-masing bagian harus diselesaikan dalam waktu 4 jam. Soal fundamental merupakan soal yang menguji pemahaman dasar-dasar statistik yang digunakan dalam menyelesaikan masalah dalam proses.

Menguji kemampuan dalam mengolah dan mengunakan data dalam pengambilan keputusan. Beberapa diantaranya adalah pemahaman mengenai Statistical Process Control, Measurement system Analysis, Acceptance Sampling, proses capability (Cp, Cp dan Ppk) dan analysis of variance (ANOVA).

Dari pengalaman saya menyelesaikan soal-soal ini sangat relevan dengan improvement tools yang digunakan sehari-hari dalam industri manufaktur. Berikut adalah contoh soal untuk fundamental yang diambil dari study guide six sigma exam:

Gambar.1  Contoh soal Statistical Process Control

Gambar.2 Contoh soal Measurement System Analysis

 

Untuk menguji pemahaman dalam penerapan tools six sigma ujian bagian kedua merupakan ujian application yang terdiri dari 6 soal. Yang diuji adalah pemahaman dalam menggunanakan six sigma tools seperti Design of Experiment (DOE) dalam megoptimasi suatu proses, project management dan perhitungan mengenai project value.

Soal DOE merupakan soal yang cukup kritis dan agak rumit karena satu soal nilainya sangat tinggi yang dapat menentukan kelulusan. Dalam DOE peserta diminta merancang sendiri experimen, lalu mencari faktor yang signifikan dan mencari nilai optimum dari faktor signifikan tersebut. Berikut adalah contoh soal untuk applikasi yang diambil dari study guide six sigma exam:

Gambar.3 Process Optimization with Design of Experiment

 

Ujian IQF six sigma ini dilakukan secara online, setelah selesai ujian jawaban akan dikirimkan dan dikoreksi langsung kemudian peserta ujian akan mendapatkan nilai sesuai dengan hasil ujiannya yang dikategorikan dalam Green Belt, Black Belt dan Master Black Belt.

Sertifikat yang dikeluarkan oleh IQF merupakan Exam Certification only. Untuk full certification Black Belt perlu bukti telah menyelesaikan proyek six sigma dan untuk Master Black Belt perlu bukti telah berpengalaman dalam mengajar dan mentoring six sigma project.

Kembali ke pertanyaan diatas, mengenai manfaat sertifikasi, setelah mendapatkan sertifikat tentunya pemilik sertifikat akan merasa lebih percaya diri karena pemahaman dan kompetensi mengenai pemahaman dasar-dasar dan metodologi six sigma sudah teruji secara internasional.

Supaya sertifikat tersebut tidak hanya jadi pajangan, tentunya perlu diasah terus dengan menerapkan dalam pekerjaan sehari-hari dengan mengerjakan proyek-proyek improvement menggunakan metodologi six sigma (DMAIC). Sehingga pengalaman menjalankan proyek dan didukung oleh sertifikasi. Diharapkan mampu menambah kompetensi dan nilai jual anda.

Sebelum ujian tentu perlu dilakukan persiapan dengan belajar dan latihan soal soal IQF exam BOK, berupa CD exam guide yang membatu dalam proses belajar. Soal-soal yang ada dalam CD exam guide ini tidak jauh berbeda dengan soal ujian yang sebenarnya, dan akan sangat membantu ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan soal ujian.

“Quality is never an accident; it is always the result of high intention, sincere effort, intelligent direction and skillful execution; it represents the wise choice of many alternatives.” — Willa A. Foster

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *