World Economic Forum merilis Future Jobs Report 2025 untuk mengantisipasi transformasi pasar tenaga kerja dari dorongan teknologi, demografi, ekonomi sampai ketegangan geopolitik.
Laporan ini memproyeksikan pertumbuhan 170 juta pekerjaan baru, termasuk 78 juta pekerjaan secara global dan 92 juta pekerjaan yang akan tergantikan oleh AI.
Pertumbuhan Pesat untuk Frontliner dan Peran yang Berhubungan dengan Teknologi
Pertumbuhan pasar tenaga kerja 2025-2030 (Future of Jobs Report 2025)
Proyeksi pertumbuhan pasar kerja paling tinggi adalah para Frontliner, termasuk pekerja di pertanian, Delivery Driver, pekerja konstruksi, Staf Penjualan, pekerja pengolahan makanan. Minat dalam pekerja di bidang kesehatan masyarakat seperti, perawat, dan konselor profesional juga diprediksi meningkat dalam lima tahun ke depan, begitu juga dengan pelayanan masyarakat seperti guru.
Selain itu, dengan adanya transformasi teknologi industri, peran pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi juga mengalami pertumbuhan yang signifikan, di antaranya, spesialis Big Data, Fintech Engineers, AI and Machine Learning Specialist, serta Pengembang Aplikasi dan Perangkat Lunak. Begitu pula dengan pekerjaan yang terkait dengan peran ramah lingkungan dan transisi energi, seperti Autonomous & Electric Vehicle Specialists, Environmental Engineers, dan Renewable Energy Engineers.
Strategi Bertahan di Transformasi Pasar Tenaga Kerja
Diproyeksikan, pada tahun 2030, sekitar 40% keterampilan inti pekerja akan berubah. Keterampilan teknologi, khususnya dalam AI, big data, jaringan, dan keamanan siber, diantisipasi akan menjadi yang paling cepat berkembang.
Selain itu, keterampilan yang berpusat pada manusia, seperti berpikir kreatif, ketahanan, fleksibilitas, ketangkasan, dan kepemimpinan, juga akan sangat diminati.
Jumlah pekerja yang akan tumbuh secara global ini memunculkan tantangan baru seperti perbedaan keterampilan. Misalnya, jika tenaga kerja di dunia terdiri dari 100 orang, maka 59 orang membutuhkan pelatihan pada tahun 2030. Kesenjangan keterampilan dianggap sebagai tantangan besar bagi transformasi bisnis, sebesar 63% pengusaha menilai hal ini sebagai hambatan utama pasar tenaga kerja periode 2025-2030.
Dengan demikian, 85% pengusaha yang disurvei berencana untuk memprioritaskan peningkatan keterampilan tenaga kerja mereka, dengan 70% pengusaha berharap untuk mempekerjakan staf dengan keterampilan baru.
Program Training yang Cocok Menghadapi Transformasi Pasar Tenaga Kerja
Keahlian yang dibutuhkan pekerja di 2025-2030 (Future of Jobs Report 2025)
Untuk memiliki keterampilan yang menonjol secara global, dibutuhkan fasilitas yang mendukung hal tersebut. Sebagai bentuk komitmen PQM Consultants dalam keikutsertaan membangun kehidupan masyarakat yang berkualitas, lembaga konsultan kami akan memfasilitasi pelatihan dengan metode yang praktis, inspiratif dan menyenangkan, sesuai dengan skill set yang dibutuhkan dalam proyeksi Future Jobs Report 2025 untuk meningkatkan keterampilan yang berpusat pada manusia, sebagai berikut:
1. Analytical thinking
2. Creative Thinking
Pelajari tentang:
Mampu mengenali pola kebiasaan dan hambatan dalam pola berpikir kreatif (blocking mindset)
Mampu menghilangkan hambatan dan jebakan untuk berpikir kreatif
Mampu untuk generating gagasan-gagasan baru dan kreatif secara cepat dan mudah
Mampu Menggunakan teknik-teknik kreativitas untuk menghasilkan ide-ide baru yang orisinil
Memahami dan mampu menjalankan siklus inovasi untuk diterapkan di tempat kerja
3. Leadership
- Mengelola Perubahan
- Memimpin vs Mengelola
- Membangkitkan Kepercayaan
- Menciptakan Visi dan Misi
- Melaksanakan Strategi
- Melatih dan mengembangkan potensi team
4. Talent Management
Mamahami talent management cycle
Mampu memahami kebutuhan talent organisasi
Mampu mengidentifikasi talent supply yang dimiliki organisasi
Mampu memahami cara melakukan talent acquisition yang tepat
Mampu menyusun talent matrix
Mampu menyusun Individual Development Plan
Mampu memahami strategi dalam talent retention
5. Service Excellence
Membangun pola pikir layanan yang excellent.
Menumbuhkan motivasi untuk secara konsisten menyajikan service yang excellent.
Menguasai dasar-dasar keahlian dalam menyajikan service excellence.
Meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang efektif dan membina hubungan jangka panjang dengan customer.
Memberikan layanan yang melebihi harapan customer melalui berbagai saluran yang disediakan perusahaan.
Menyelesaikan keluhan customer secara istimewa sehingga menciptakan customer yang semakin loyal.
Menjadikan service excellence salah satu strategi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
6. Teaching and Mentoring
Menerapkan prinsip membawakan pelatihan menggunakan “Adult Learning Principle”
Mampu membuat sasaran pelatihan dan menjabarkannya dalam teaching plan
Mampu mengurangi rasa cemas dan meningkatkan rasa percaya diri agar dapat membawakan pelatihan secara meyakinkan (sebelum dan saat pelatihan)
Mampu berkomunikasi secara interaktif dalam membawakan pelatihan, termasuk melakukan opening yang menarik, transisi, menyampaikan topik utama dan body language yang mendukung
Mampu menggunakan alat bantu visual (power point, flipchart) yang dapat mensupport pembelajaran peserta dengan maksimal
Mampu mengelola keberagaman peserta, termasuk bagaimana menjawab pertanyaan sulit
Mampu melakukan ice breaking dan energizer untuk menghidupkan suasana pelatihan
7. Resource Management and Operations
8. Quality Control
Konsep dasar Continuous Improvement
QCC sebagai salah satu bentuk penerapan Total Quality Management
Membentuk QCC & Menyiapkan infrastruktur untuk Penerapan QCC
Basic Mentality (Quality Values)
Developing Successful Team
Metode Pemecahan Masalah QCC (PDCA Cycle & 7QC Tools):
Plan:
Identifikasi Masalah
Analisa Data (7QC Tools: Stratifikasi; Lembar Data; Grafik; Diagram Pareto)
Analisa Sebab &Verifikasi Sebab (7QC Tools: Diagram Tulang Ikan)
Rencana Penanggulangan
Do: Penanggulangan
Check: Periksa Hasil
Act: Standardisasi & Masalah Berikutnya
Latihan memecahkan masalah QCC dengan PDCA Cycle & 7QC Tools secara terintegrasi dari kasus nyata di perusahaan peserta
Jadilah bagian dari sumber daya yang akan memajukan Indonesia melalui perjalanan perbaikan berkelanjutan. Informasi lebih lanjut, kunjungi www.pqm.co.id.