Mencari Akar Masalah Sistemik dengan Metode 3L5Y

3L5Y (3 Legged 5 Why) merupakan salah satu metodologi untuk mencari akar masalah (root cause analysis). Metode 3L5Y memungkinkan kita untuk secara sistematis menggali hingga akar penyebab yang sebenarnya.

Secara umum terdapat beragam metodologi atau tools untuk mencari akar masalah seperti Why-why Analysis, Diagram Tulang Ikan, dan lain sebagainya. Namun, dalam hal pencarian the true real root cause, 3L5Y memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh metodologi atau tools lainnya, yaitu fokus untuk menyelesaikan masalah kronis dan/atau masalah bersifat sistemik.

Dalam metodologi atau tools problem solving yang biasa kita pakai, root cause yang biasa ditemukan biasanya berhenti pada tataran fungsi, alat maupun manusianya saja tanpa menyentuh masalah sistemik yang sebenarnya terjadi.

Melalui 3L5Y, kita akan dibiasakan untuk menanyakan masalah lebih mendalam lagi, dan tidak terbatas pada masalah-masalah standar, karena bisa saja masalah yang terjadi berulang disebabkan karena kita belum melihat masalah sistemik dan berakhir melakukan temporary action saja.

Di dalam 3L5Y, terdapat “3 Kaki” untuk menanyakan “5 Pertanyaan Mengapa”, hal ini bertujuan untuk menemukan akar masalah sesungguhnya dengan lebih jelas. Ketiganya adalah:

  1. Specific Problem “Leg #1” – Di bagian ini, kita akan menanyakan secara spesifik mengapa sebuah masalah bisa terjadi (Direct Cause)?
  2. Detection “Leg #2” – Di bagian ini, kita akan menanyakan mengapa kita tidak bisa mendeteksi/menangkap masalah tersebut?
  3. Systemic Problem “Leg #3” – Dimana kita akan menanyakan gangguan sistemik apa saja yang memungkinkan masalah tadi terjadi?

 

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai penerapan 3L5Y (3 Legged 5 Why)? Bagaimana cara agar bisa menyentuh masalah-masalah yang sifatnya sistemik di organisasi kita? Bagaimana meyakinkan orang-orang di organisasi kita untuk mulai mulai memecahkan masalah berulang beyond our authority? PQM Consultant mengajak Anda untuk mengikuti FREE Webinar Managing Improvement using 3L 5Y. Di Webinar ini kami akan menghadirkan Medio Zulkary – Learning Facilitator at Mandiri University Group. Bank Mandiri untuk bercerita kesuksesan mereka mencari the true real root cause menggunakan metodologi 3L5Y yang mampu mencari problem-problem sistemik di organisasinya. 

Daftarkan diri anda di https://link.pqm.co.id/otpqm16. Karena kuota terbatas!

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *